Studium Generale Pascasarjana UAD menghadirkan Direktur KNKS

Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan (PPs UAD) dalam menyambut semester genap 2018/2019 mengadakan Studium Generale dan Orientasi Mahasiswa Baru bertempat di Auditorium UAD kampus 3 (9/3/2019). Total ada 222 mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan ini dari 12 prodi di lingkungan PPs UAD.

Studium Generale Pascasarjana UAD

Hadir memberikan sambutan adalah Prof. Dr. Achmad Mursyidi selaku Direktur PPs UAD yang menyampaikan kesuksesan merupakan harapan semua orang, setiap manusia mempunyai visi. Jika ingin sukses harus serius, open your mind, heart and your eyes. Segala yang kita lakukan akan diminta pertanggung jawabannya, maka butuh keseriusan dalam meraihnya dan jangan lupa berdo’a dengan serius. Beliau juga berpesan bahwa manusia utamanya untuk membuat kemakmuran di dunia.

Direktur Pascasarjana UAD memberikan sambutan

Dr. Kasiyarno, M.Hum selaku Rektor UAD  mengucapkan terimakasih kepada Dr. Taufik Hidayat, M.Ec, yang telah bersedia hadir dan memberikan studium generale disela kesibukannya menjabat sebagai Direktur Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). Rektor UAD menyampaikan studium generale ini bisa menjadi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Kegiatan ini bisa diadakan rutin dan mahasiswa bisa mengikutinya. SKPI merupakan bukti bahwa selama perkuliahan mahasiswa sudah mengikuti kegiatan di luar jam kuliah. SKPI juga menjadi penting untuk mahasiswa yang belum bekerja. Pengabdian kepada masyarakat juga dapat dimasukkan ke dalam SKPI.

Rektor UAD memberikan sambutan

Lebih lanjut Rektor menyampaikan memasuki era 4.0 mahasiswa bijak dalam memanfaatkan teknologi. Manfaatkan media sosial yang dimiliki dengan memposting hal positif. Dalam hal melamar pekerjaan sekarang ini dengan melihat media sosial menjadi penilaian sendiri.

Peserta studium generale

Di akhir sambutannya Rektor berpesan agar mahasiswa senantiasa bersyukur karena dapat melanjutkan ke jenjang Pascasarjana. Jangankan pascasarjana, dapat menempuh S1 pun harus bersyukur, karena angka partisipasi pendidikan tinggi di Indonesia ini berkisar 30%. Tidak ada orang yang sukses tanpa ilmu dan bangsa ini menaruh harapan kepada para mahasiswa.

Peserta studium generale

Memasuki acara pertama adalah studium generale oleh Dr. Taufik Hidayat, M.Ec. Direktur KNKS yang juga dosen UAD. Tema yang diambil adalah “Kebijakan Pemerintah dalam Bidang Ekonomi untuk Mendukung Pencapaian SDGs(Sustainable Development Goals)”. Dijelaskan oleh Dr. Taufik tentang sejarah KNKS yang dibentuk dari  Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (disingkat Kementerian BPPN/Bappenas) dan sejarah SDGs, serta kebijakan pemerintah dalam pencapaian SDGs.

Dr. Taufik Hidayat, M.Ec. memberikan materi studium generale

Mengakhiri kegiatan Studium Generale dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pemberian kenang-kenangan dari PPs UAD yang diwakili oleh Dr. Ir. Dwi Sulisworo, M.T kepada Dr. Taufik Hidayat, M.Ec. Selanjutnya acara kedua adalah orientasi mahasiswa baru PPs UAD genap 2018/2019.

Wakil Direktur Pascasarjana UAD (kiri) memberikan kenang-kenangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *