Ragam Teknis Analisis Data

Prodi Magister Manajemen Pendidikan mengadakan workshop Pra Proposal Tesis pada hari sabtu (23/2/2019) bertempat di ruang 102 UAD kampus 2. Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap semester sebagai bekal mahasiswa untuk menempuh perkuliahan seminar proposal tesis dan menulis tesis. Dr. Suyatno selaku kaprodi Magister Manajemen Pendidikan menjelaskan pada semester genap 2018/2019 ini ada sejumlah 30 mahasiswa yang mengambil mata kuliah seminar proposal tesis dan dibagi menjadi 2 kelas. Lebih lanjut ditambahkan bahwa produk mata kuliah seminar tidak hanya tesis melainkan juga publikasi ilmiah. Mumpung masih ada di kampus pergunakan waktu untuk bertemu dan konsultasi dengan dosen.

Dr. Suyatno menyampaikan seputar seminar proposal tesis

Pada sesi kedua workshop materi diisi oleh Prof. Dr. Pujiati Suyata tentang ragam teknis analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dijelaskan oleh beliau gambaran umum tentang jenis pengambilan data secara kualitatif dan kuantitatif. Beliau juga menyampaikan banyak dijumpai penelitian dari segi judul kuantitatif tetapi inginnya menulisnya kualitatif. Banyak mahasiswa yang ragu untuk mengambil kuantitatif yang berkutat pada angka dan SPSS.

Prof. Dr. Pujiati Suyata memberikan materi teknik analisis data

Lebih lanjut dan mendalam tentang penelitian tesis akan dijelaskan dalam perkuliahan. Pada perkuliahan seminar proposal tesis nanti sebagai dosen pengampu adalah Prof. Dr. Aliyah Rasyid Baswedan, Dr. Widodo, Dr. Suyatno, dan Dr. Achadi Budi Santosa. Harapannya mahasiswa setelah mengikuti workshop ini untuk langsung menemui pembimbing dan menulis dari judul yang telah disetujui oleh pembimbing.

Mahasiswa peserta workshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *