Fasilitas



Fasilitas Perkuliahan

Kantor Magister Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (S2 MP UAD) terletak di kampus 2A, Jln. Pramuka No 42, Sidikan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Ruang Kelas

S2 MP UAD memiliki 4 ruang kelas dengan kapasitas 24 kursi dengna fasilitas AC, proyektor, microphone, colokan listrik di setiap meja, wifi dengan kecepatan >20 Mbps. Ruang kelas digunakan sebagai sarana perluliahan reguler.

Ruang Seminar

Ruang seminar dikelola oleh Bidang Sarana dan Prasarana yang dalam pemanfaatanya dikoordinir oleh kerumahtanggaan di masing-masing kampus. Untuk kampus 2A, ruang seminar yang dapat digunakan diantaranya ruang sidang di lantai 3 kapasitas 40 orang, ruang auditorium di lantai 4 kapasitas 500 orang dan ruang serbaguna kapasitas 300 orang terletak di kampus 2B. Untuk kegiatan besar prodi juga bisa memanfaatkan ruang di luar kampus 2A dan 2B diantaranya ruang Amphitarium yang terletak di lantai 9 dan 10 kampus utama Universitas Ahmad Dahlan kapasitas 500 orang, ruang serbaguna lantai 4 kampus utama kapasitas 750 orang, ruang serbaguna kampus utama lantai 10 kapasitas 350 orang, Auditorium kampus 1 kapasitas 1000 orang, Auditorium kampus 3 kapasitas 500 orang, dan ruang seminar islamic center kampus utama UAD kapasitas 500 orang. Ruang seminar ini digunakan sebagai ruang untuk kegiatan yang memerlukan kapasitas peserta banyak dan besar, misal seminar nasional, pertemuan asosiasi, dll.

Ruang Dosen

Ruang dosen S2 MP UAD memiliki luas ruangan 12 x 12 m,. Ada 7 ruang dosen dengan masing-masing memiliki ruang sebesar 2.5 x 2 m. Ruang dosen digunakan dosen untuk menunjang kinerja dan memberikan pembimbingan serta pelayanan kepada para mahasiswa.

Fasilitas Pendukung

Perpustakaan

Universitas Ahmad Dahlan memiliki perpustakaan yang tersebar di masing-masing kampus dan sudah terakreditasi “A”. Perpustakaan di Universitas Ahmad Dahlan juga menyediakan langganan jurnal free access bagi dosen dan mahasiswa untuk mendapatkan literatur dari berbagai jurnal baik nasional maupun internasional.

Pelayanan perpustakaan juga semakin baik dan meningkat, berbagai pelayanan yang ada seperti cek plagiarisme, peminjaman buku, informasi pelatihan, dll bisa akses melalui perpustakaan.uad.ac.id. Untuk melihat koleksi buku, penelitian, pengabdian, skripsi, tesis bisa melalui digilib.uad.ac.id.

Selian perpustakaan UAD, S2 MP UAD juga memiliki perpustakaan prodi. Perpustakaan in berisi buku koleksi pribadi dosen, buku karya dosen dan mahasiswa, penelelitian dan pengabdian dosen, jurnal, tesis, dan disertasi.

Ahmad Dahlan Language Centre (ADLC)/Laboratorium Bahasa

Merupakan sebuah pusat layanan dalam referensi lokakarya IELTS dan TOEFL untuk dosen, mahasiswa dan guru bahasa Inggris. ADLC terletak di gedung ITC lantai 2 depan UAD kampus 1. ADLC memiliki fasilitas dan peralatan yang mendukung dalam membantu para dosen dan mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. ADLC membantu para mengembangkan keterampilan literasi bebahasa inggris dengan menyediakan layanan bahasa mulai dari kursus berorientasi keterampilan hingga penilaian keterampilan bahasa. ADLC juga dapat membantu dosen dan mahasiswa untuk translate artikel ilmiah unutk jurnal. Kaitannya dengan mahasiswa, ADLC membantu mahasiswa untuk pelatihan TOEFL dan test TOEFL sebagai syarat kelulusan. Selain di ADLC mahasiswa juga bisa mengakses Laboratorium bahasa  di UAD kampus utama karena sudah S2 MP UAD sudah bekerjasama dengan prodi Pendidikan Bahasa Inggris (S2 PBI).

Laboratorium Manajemen Pendidikan

Terdiri dari laboratorium di lapangan dan di kampus, untuk meneliti dan mengkaji berbagai Best Practices Pendidikan. Lab pendidikan menjadi forum diskusi proses penelitian dan hasil penelitian.

Fasilitas IT dan lainnya

Sistem Informasi

Sistem informasi Akademik (Portal UAD) digunakan dan dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa. Untuk dosen Portal UAD dimanfaatkan untuk pengeloaan mata kuliah menilai hasil belajar mahasiswa, mengetahui kinerja dosen, melaporkan penelitian dan pengebdian, dll. Untuk mahasiswa Portal UAD dimanfaatkan mulai dari merencanakan studi (teori mata kuliah yang akan diambil), memonitoring jadwal mata kuliah yang diambil dan absensi perkuliahan, mengetahui waktu pembayaran perkuliahan, hingga merekap transkip nilai yang ada tentunya dengan komputer yang berbasis jaringan luas (Wide Area Network). Portal UAD dapat diakses di portal.uad.ac.id.

E-Learning

Sistem yang disediakan untuk perkuliahan jarak jauh berbasiswa web. E-Learning dapat diakses di elearning.uad.ac.id

Sistem Manajemen Ruang (SIMERU)

Sistem yang disediakan untuk mengetahui jadwal perkuliahan, meliputi jadwal ruang, dosen, prodi di Universitas Ahmad Dahlan. SIMERU dapat diakses melalui simeru.uad.ac.id

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)

Merupakan lembaga di Universitas Ahmad Dahlan yang fokus mengelola penelitian dan pengabdian masyarakat baik yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. LPPM terletak di UAD kampus 2B. Informasi tentang LPPM dapat diakses di lppm.uad.ac.id

Lembaga Pusat Studi Islam (LPSI)

Merupakan lembagai di Universitas Ahmad Dahlan yang menjadi sumber utama pengontrol landasan pendidikan kemuhammadiyahan di setiap program studi atau fakultas. lembagai ini terletak di UAD kampus utama. Lembaga Pusat Studi Islam dikelola oleh Kader-kader Muhammadiyah yang merangkap sebagai dosen. Tujuan pelayanan yang diberikan dalam bentuk aktivitas kerohanian atau religiusitas kepada mahasiswa. Adapun bentuk kegiatannya seperti pembentukan pendidikan karakter Al Islam Kemuhammadiyahan. Informasi LPSI dapat mengunjungi laman lpsi.uad.ac.id

Area Hotspot

Universitas Ahmad Dahlan menyediakan fasilitas hotspot dengan didukung dengan bandwidth yang tinggi sehingga sangat membantu mahasiswa dan dosen untuk mengakses internet dengan mudah dan cepat dengan laptop di lingkungan kampus. Kapasitas bandwidth UAD saat ini sebesar 795 mbps, sehingga dengan kondisi ini Universitas Ahmad Dahlan telah menyediakan bandwidth sebesar 44 kali lipat dari standar yang ditetapkan Kemeristekdikti.

Lapangan Olahraga dan Ruang Kesenian
Kampus Universitas Ahmad Dahlan memiliki berbagai fasilitas sarana olahraga untuk mendukung aktivitas mahasiswa dalam bidang olahraga, seperti lapangan bola volley, lapangan bola basket, wall climbing, arena pencak silat, dan lain sebagainya. Selain itu, fasilitas sarana seperti ruang kesenian seperti ruang Amphitarium yang digunakan sebagai ajang pegelaran kesenian mahasiswa yang dikemas dalam bentuk panggung besar. Selain itu, terdapat studio musik dan rekaman mini yang dikelola oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Musik Universitas Ahmad Dahlan. Berbagai fasilitas olahraga dan kesenian yang dibangun untuk menunjang bakat dan minat mahasiswa dalam mengembangkan jiwa akademik dan non akademik selama berada di kampus Universitas Ahmad Dahlan.

Kampus 2

Magister Manajemen Pendidikan
Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Pramuka No.42, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext. 2123
Faximille : 0274-564604
Email : pasca@mp.uad.ac.id

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Magister Manajemen Pendidikan
FKIP UAD

Telp. (0274) 563515 ext 2123
WhatsApp
+62 858-5550-9260