Pendidikan Anak dan Tantangan Globalisasi

Kegiatan Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT) yang merupakan salah satu program yang diwajibkan bagi mahasiswa Pascasarjana salah satunya Program Studi Manajemen Pendidikan UAD. PRODAMAT adalah kegiatan yang dilaksanakan secara langsung berinteraksi dan melibatkan dengan masyarakat. Dr. Muhammad Zuhaery, M.A selaku dosen pembimbing kegiatan tersebut menuturkan bahwa program ini dimaksudkan agar mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan ke dalam dunia kemasyarakatan. Terlebih tema yang diangkat pada kegiatan ini berkaitan dengan pendidikan anak di usia dini, dimana peletakan pondasi karakter yang paling ideal dilakukan di usia ini. Kegiatan ini dilaksanakan Sabtu (9/2/2019) mengambil tempat di TK ABA Al Furqon Umbulharjo.

Dr. Muhammad Zuhaery (kanan) di dampingi oleh Abdul Rahman (kiri) sebagai moderator

Sementara menurut ketua penyelenggara kegiatan Ratna Pujiastuti,S.Pd ,yang didampingi oleh anggotanya Nuryani, Ani Dwi Astuti, Muhammad Abdul Rahman, dan Dwi Rohmadi menyatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama mahasiswa program studi Manajemen Pendidikan UAD dengan Pimpinan ‘Aisyiyah Cabang Umbulharjo (PCA) ini sebagai wujud kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat terkait penanaman karakter pada pendidikan anak usia dini dan tantangannya di era milenial ini.

Ratna (kerudung biru) panitia kegiatan bersama PCA Umbulharjo

Pada kegiatan ini turut hadir Pimpinan Cabang ,Aisiyah Umbulharjo Ibu Dra. Hj. Noor Adia didampingi oleh Ketua Majelis dikdasmen PCA Umbulharjo Ibu Dra.Hj. Zukhriyah. Pada sambutannya sekaligus membuka kegiatan workshop menuturkan bahwa pihaknya menyambut baik kerjasama ini dan sangat berterima kasih kepada UAD yang mencanangkan Program Pemberdayaan Umat, sehingga dapat membantu meningkatkan kompetensi para guru TK ABA di kecamatan Umbulharjo ini, dan harapannya tahun tahun berikutnya TK ABA di kecamatan Umbulharjo kiranya masih dapat digandeng sebagai mitra dalam pelaksanaan kegiatan serupa.

Peserta workshop Pendidikan Anak

Kegiatan yang diikuti oleh 40 guru dari 11 TK ABA  di Kecamatan Umbulharjo ini mengusung konsep Workshop Pendidikan Anak dan Tantangan Globalisasi ini dirasa sangat diperlukan untuk keadaan pendidikan saat ini. Banyak kegagalan dari proses pendidikan yang ditampakkan dari perilaku negatif para pelajar baik SD, SMP maupun SMA. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang telah berpengalaman dalam bidang pendidikan anak di pesantren, beliau sudah terbukti keilmuannya dalam penanaman pendidikan karakter pada anak, sehingga tidak diragukan lagi ilmu dan pengalamannya. Beliau adalah Dr. Muhammad Zuhaery, M.A dosen UAD sekaligus praktisi pendidikan pesantren.

Peserta workshop Pendidikan Anak

Menurut penuturan beliau sebenarnya pendidikan karakter atau pendidikan nilai luhur kehidupan (living values education) dalam Islam sudah dipelajari lebih dulu sebelum ada istilah living values education yaitu dikenal dengan istilah akhlaqul karimah. Dan penanaman akhlaqul karimah ini seharusnya menjadi tanggung jawab orang tua sebagai madrasah pertama bagi anak, namun seiring berkembangnya jaman, banyak orang tua yang sibuk bekerja sehingga menyerahkan pendidikan anak di sekolah sejak usia dini, seperti play group ,toodler,  dan taman kanak kanan. Dengan workshop ini diharapkan guru- guru TK ‘Aisyiyah Se-Umbulharjo mampu melaksanakan tugas mulianya sebagai orang tua bagi anak usia dini ketika di sekolah. Jika para guru mengerti bagaimana cara memperlakukan anak dalam membentuk karakter/ nilai luhur pada anak usia dini maka akan dihasilkan generasi yang mampu memegang nilai luhur, berkarakter/ berakhlaqul karimah.

Dr. Muhammad Zuhaery memberikan workshop pendidikan anak