Milad 15 Tahun, Pascasarjana UAD Berbagi.

Sabtu (16/2/2019) bertempat di Panti Asuhan dan Dhuafa  Muhammadiyah Kaligesing, Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan (PPs UAD) menyelenggarakan bakti sosial dan Program Pemberdayaan Umat (Prodamat). Prodamat adalah salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan saat milad PPs UAD dan pada milad  15 tahun kali ini mengunjungi Panti Asuhan Muhammadiyah Kaligesing, terang Dr. Suyatno selaku koordinator Prodamat. Kegiatan ini diikuti oleh Kaprodi, sekprodi, dosen, staff, dan mahasiswa di lingkungan PPs UAD. Diantara kegiatan yang akan dilaksanakan adalah tanam pohon durian, pelatihan pengelolaan sampah, dan pelatihan pembuatan makanan. Semoga dengan kehadiran PPs UAD dapat membawa hal positif untuk panti asuhan dan masyarakat sekitar.

Dr. Suyatno menyampaikan sambutan dan memimpin rombongan PPs UAD

 

Rombongan PPs UAD disambut oleh Pemerintah Desa Kaliharjo, masyarakat, pengurus dan anak panti asuhan. Panti asuhan ini berdiri sejak tahun 2014. Total ada 32 anak yang ada di panti asuhan, sekitar 15 anak yang tinggal di panti dan 17 anak tinggal bersama orang tua asuh. Kendala tempat yang menyebabkan semua anak belum bisa tinggal di panti asuhan, tutur Kepala Panti Asuhan Mukidal,. M.Kes. Lebih lanjut dijelaskan untuk biaya operasional panti mendapat bantuan dari pemerintah dan ada sebagian dari para donatur. Sedangkan untuk pengelola panti bekerja dengan sukarela.

Mukidal, M.Kes. Kepala Panti Asuhan

Adil Pandriyo selaku ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kaligesing menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian dan kehadiran PPs UAD di panti asuhan Kaligesing. Diharapkan agar dengan terjalinnya silaturahim bisa untuk melaksanakan kegiatan yang bermanfaat lainnya. Mohon maaf jika dalam penyambutan masih banyak kekurangan.

Adil Pandriyo Ketua PCM Kaligesing

Wagiran mewakili Pemerintah Desa Kaliharjo mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kegiatan bakti sosial dan prodamat ini. disampaikan bahwa di Desa Kaliharjo ini sudah mulai juga program untuk pengelolaan sampah. Jadi dengan adanya pelatihan pengelolaan sampah oleh PPs UAD bisa menambah ilmu.

Wagiran mewakili Pemerintah Desa Kaliharjo

Membuka Prodamat adalah pelatihan pengelolaan sampah oleh Dr. Surahma Mulasari, M.Kes yang merupakan dosen Pascasarjana Kesehatan Masyarakat UAD yang baru baru ini menerima penghargaan dari Pemerintah Kota Yogyakarta terkait dengan inovasi dalam pengelolaan sampah. Beliau menyampaikan bahwa sampah menjadi masalah jika tidak bisa mengelolanya. Dijelaskan lebih lanjut tentang bahaya dari sampah, dan pengelolaan sederhana dari sampah. Membakar sampah itu boleh tetapi harus memperhatikan beberapa faktor, diantaranya adalah jarak antara orang dan sampah jangan terlalu dekat. Karena asap sampah mengandung zat-zat berbahaya.

Dr. Surahma Mulasari, M.Kes menyampaikan materi pengelolaan sampah

Penyuluhan bisnis kuliner dan demo masak oleh mahasiswa Jurusan Bisnis Jasa Makanan UAD (Bisma) Anisa Nur Baiti Rahman dan Sinda Ayunani didampingi Yunda Maymanah Rahmadewi, S.T.P., M.Sc. dosen Bisma UAD Menu yang dipilih adalah pancake durian. Disampaikan Yunda Maymanah bahwa wilayah Kaligesing ini terkenal akan duriannya, dengan mengolahnya menjadi pancake akan memberikan ragam olahan durian dan menambah nilai jual dari durian itu sendiri.

Demo masak pancake durian oleh Bisma

Dilakukan juga penanaman bibit durian dengan jumlah 13 bibit (mewakili jumlah program studi di PPs UAD) dan ditanam di kebun milik panti asuhan. Penyerahan bibit dilakukan oleh Dr. Tri Kuat (dosen Magister Vokasi) dan diterima oleh Mukidal (kepala panti asuhan). Setiap program studi yang diwakili oleh Dosen, mahasiswa melakukan penanaman pohon sendiri.

Penanaman pohon durian

Pada akhir acara PPs UAD menyerahkan bantuan berupa barang dan uang tunai yang berjumlah Rp 20.522.500 yang bersumber dari penggalangan dana di lingkungan PPs UAD. Semoga dengan bantuan ini dapat sedikit membantu panti asuhan.

Dr. Tri Kuat (baju biru) menyerahkan bantuan (simbolis) diterima oleh Wagiran

Penyerahan bantuan uang tunai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *