Pelayanan Prima bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Bertempat di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta (28/5/2021), mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD melaksanakan Program Pemberdayaan Masyarakat (PRODAMAT). Kegiatan PRODAMAT diikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta mengusung tema “Penguatan Pelayanan Prima bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta” dengan pemateri Dr. Dian Hidayati, MM. Kelompok mahasiswa Prodamat adalah Agum Budianto sebagai ketua dengan anggota Susamta, Nurul Hidayah, Najamudin Umar, Zuul Fadhlil Adhiim

Kegiatan Prodamat ini dibadi menjadi 4 sesi. Sesi 1, sesi pertama beru.pa pemaparan materi tentang konsep pelayanan prima, penilaian tingkat pelayanan, alas an harus memberikan pelayanan prima, dimensi mutu pelayanan, indicator pelayanan prima dan langkah efektif dalam memberikan pelayanan prima.

Sesi 2, sesi kedua para peserta melakukan praktik langsung dalam memberikan pelayanan prima (dengan bermain peran). Kegiatan ini sangat menarik karena para peserta terlibat langsung secara emosional. Satu berperan sebagai konsumen yang berperan protes atas kekecewaan dalam pemberian pelayanan. Satu orang lagi berperan sebagai penerima complain atau pemberi layanan dari pihak sekolah. Ada kata kunci yang harus dilakukan/disampaikan oleh penerima complain sebagai bentuk tanggapan positif yaitu saya paham, mohon maaf, terima kasih. Tiga kata tersebut wajib diucapkan ketika kita memberikan pelayanan bahkan complain dari pengguna.

Sesi 3, sesi ketiga digunakan untuk pemaparan materi tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan prima pada sekolah. Narasumber menyampaikan materi berisi tentang dasar hokum pembuatan SOP, manfaat SOP, prinsip penyusunan SOP, langkah membuat SOP, dan format SOP.

Sesi 4, sesi keempat para peserta pelatihan melakukan diskusi dan kerja kelompok untuk praktik membuat SOP sesuai dengan tema SOP yang ditentukan misalnya SOP penerimaan tamu, layanan kerja sama, layanan PPDB. Setelah selesai dari masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja berupa SOP. Dari pelaksanaan pelatihan “Penguatan Pelayanan Prima bagi Perndidik dan Tenaga Kependidikan di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta” selama satu hari dari sesi pertama sampai sesi keempat dihasilkan beberapa dokumen SOP sebagai bentuk luaran dalam kegiatan PRODAMAT ini.

Peserta Pelatihan Pelayanan Prima SMP Muhammadiyah 9 Yk

 

Prodamat merupakan kegiatan yang wajid dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan. Kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat baik di lingkungan tempat tinggal maupun di lingkungan sekolah dengan menghadirkan narasumber sesuai dengan kompetensi dan tema yang dilaksanakan.