Pelatihan Karya Tulis Bagi Guru BK di Klaten

Bertempat di SMP Negeri 1 Jogonalan(6/8/2019) mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan (S2 MP) mengadakan Program pemberdayaan umat (PRODAMAT). Program ini merupakan salah satu kegiatan wajib bagi mahasiswa S2 MP sebagai bentuk aplikasi tridarma perguruan tinggi, pengabdian kepada masyarakat. Ketua pelaksana Agus Hartanto, S.Pd., bersama rekan-rekannya Nur Taufik, Sitti Nur Suraya Ishak, Siti Bustani Fauziah dan Puguh Priambudi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan pengabdian UAD terhadap masyarakat. Kegiatan ini difokuskan pada pelatihan penulisan dan publikasi karya tulis ilmiah untuk guru Bimbingan Konseling. Dra. Endah Sulistyowati, M.Si., selaku kepala sekolah SMP Negeri 1 Jogonalan melanjutkan bahwa kegiatan ini memberikan gambaran agar guru-guru BK dapat menulis dan mempublikasikan karya ilmiah setelah melakukan penelitian layanan bimbingan konseling. Guru BK adalah bank data terkait permasalahan siswa, Jadi guru harus melakukan penelitian untuk  mendiagnosis permasalahan yang dialami siswa dan mampu menemukan solusi dari permasalahan yang ada. Selain itu publikasi karya ilmiah dapat menentukan jenjang karir guru BK.

Dari ki-ka: Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Jogonalan, Indra Gunawan, S.Psi, Dr. Suyatno, M.Pd.I., Agus Hartanto (mahasiswa)

Dr. Suyatno, M.Pd.I sebagai narasumber menuturkan bahwa kegiatan PRODAMAT merupakan pengalaman terjun di masyarakat. Narasumber juga mengungkapkan bahwa kegiatan penulisan dan publikasi karya tulis ilmiah merupakan hal yang trending saat ini sehingga menjadi stimulus bagi guru-guru untuk menulis dan membuat artikel ilmiah terkait fenomena yang dialami ketika berinteraksi dengan siswa. Dr. Suyatno, M.Pd.I menjelaskan bahwa perjalanan menulis karya ilmiah hingga publikasi membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga memerlukan ketekunan, kerja keras, dan telaten dalam melakukannya.

Untuk membuat sebuah tulisan ilmiah, guru harus melakukan penelitian yang dimulai dari desain penelitian yang baik. Ruang lingkup penelitian bimbingan konseling biasa disebut PLBK (Penelitian Layanan BK). Tentunya permasalahan dalam bidang bimbingan konseling cukup banyak. Jika guru sudah menemukan masalah maka dapat dikatakan sudah menyelesaikan separuh kegiatan penelitian. Dengan adanya desain yang sudah disusun maka akan memudahkan guru sebagai peneliti untuk menawarkan solusi yang dapat digunakan atau bermanfaat bagi siswa.

Dr. Suyatno, M.Pd.I., memberikan materi pelatihan

Antusias peserta pelatihan menjadikan suksesnya kegiatan ini, dimana banyak peserta mengikuti dan memperhatikan penjelasan dari narasumber. Kegiatan ini diikuti oleh 45 guru (MGBK) se Kawedanan Gondang Winangun Klaten. Menurut Agus Hartanto S.Pd kegiatan ini sangat penting agar guru mengetahui langkah-langkah penulisan dan publikasi karya ilmiah. Walaupun  pelatihan yang diselenggarakan masih kurang efektif karena keterbatasan waktu, namun dengan penjelasan narasumber yang luar biasa sudah dapat memberikan gambaran terkait penulisan dan publikasi karya ilmiah. Di akhir pelatihan Dr. Suyatno M.Pd.I memberikan sebuah tantangan untuk memicu guru membuat karya ilmiah dan semoga hal tersebut dapat menjadi motivasi untuk mulai bergerak mencari, mengenbangkan ide-ide, dan inovasi untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru bimbingan konseling (BK) di Kawedanan Gondang Winangun Klaten.