Munas APMAPI di Universitas Cendrawasih

Peserta Munas dan Seminar APMAPI. foto: google

Bertempat di Hotel Grand Abe Jayapura pada tanggal 1 – 3 November 2018 diselenggarakan Musyawarah Nasional (munas) Asosiasi Program Studi Manajemen dan Administrasi Pendidikan Indonesia (APMAPI) ke VII. Sebagai tuan rumah kegiatan ini adalah Universitas Cendrawasih Papua. Hal yang dibahasa dalam musyawarah ini menyangkut persoalan yang berkembang dalam falfasaf, konsep dan praksis dalam tata kelola pendidikan di Indonesia.   Musyawarah kali ini mengambil tema Penguatan Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Menyongsong Revolusi Industri 4.0.

Magister Manajemen Pendidikan UAD dalam munas ini diwakili oleh Dr. Suyatno, M.Pd.I. (kaprodi) dan Dr. Achadi Budi Santosa, M.Pd. Disamping sebagai peserta munas, dosen juga menjadi pemakalah dalam kegiatan seminar.

Mengawali kegiatan munas hadir memberikan sambutan adalah Wakil Walikota Jayapura yaitu Rustan Saru yang dalam sambutannya mengatakan kualitas SDM menjadi ukuran keunggulan suatu bangsa. Kualitas SDM itu sendiri berhubungan dengan mutu pendidikan. Jadi SDM bagus maka pendidikan akan bagus juga. Pada akhir sambutannya berharap agar kegiatan ini dapat menambah wawasan peserta dan Universitas Cendrawasih pada khususnya.

Selanjutnya disampaikan oleh Dekan FKIP Universitas Cendrawasih bahwa diadakan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan teknologi pendidikan kepada para peserta dan para pengelola pendidikan di tanah Papua. Karena di era revolusi industri 4.0 ini kita harus bisa mengimbangi pembelajaran dengan menggunakan teknologi.

Prof. Udin Syaefudin Saud sebagai Ketua Umum APMAPI menjelaskan akan ada beberapa hal yang dibahas diantaranya joint riset atau publikasi antar dosen antar perguruan tinggi. Hal lain juga yang dibahas adalah standar mata kuliah, yaitu mata kuliah akan sama dimanapun kampusnya dan hasil keluarannya tidak terlalu berbeda antara yang berada di derah dan kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *