Efektivitas Organisasi Untuk Membangun Lembaga Pendidikan Berkemajuan

Dr. Achadi Budi Santosa menyampaikan materi kuliah perdana

Organisasi adalah pola kerjasama antara orang-orang yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu (Yulk, 1993) dan Organisasi adalah sistem dari aktifitas orang-orang yang bekerjasama secara sadar, terdiri dari dua orang atau lebih (Chester Bernard, 1992)

Organisasi berupaya mencapai tujuannya … seberapa besar ketercapaian itu dapat diraih… ?

Langkah persiapan yang perlu dilakukan adalah

  • Data pelaksanaan kegiatan perlu diadministrasikan dengan baik, diatur mekanisme hubungan organisasional antar anggota, hak dan kewajiban, arus pekerjaan, serta tanggungjawab yang jelas.
  • Standar pengelolaan yang jelas, transparan, responsibel dan akuntabel, serta mampu memberdayakan setiap komponen penting baik secara internal maupun eksternal, dalam rangka pencapaian visi-misi serta tujuan lembaga secara efektif.
  • Pemahaman terhadap fungsi-fungsi dasar management oleh pimpinan.

Organisasi dianggap efektif atau tidak bergantung pada kriteria yang digunakan, yang bisa saja berbeda dari yang lain. Perbedaan indikator efektifitas di diperguruan tinggi, misalnya:prestasi akademik,publikasi ilmiah/ research university,kepedulian thdp usaha kecil & menengah,pemberdayaan masyarakat desa,pengembangan lingkungan hidup

Menurut Kreitner, R. And Kinicki (1992); Tidak ada pendekatan tunggal untuk mengevaluasi keefektifan organisasi. Diperlukan pendekatan multi dimensional untuk mengukur keefektifan organisasi. Menurutnya paling tidak ada 4 pendekatan umum untuk mengukur efektivitas, yaitu:

  1. Keberhasilan dalam pencapaian tujuan
  2. Tersedianya sumber daya
  3. Proses internal yang sehat, informasi berjalan dengan baik, pegawai loyal, komitmen tinggi.
  4. Kepuasan anggota, pimpinan berperilaku adil menghadapi Interses yang berbeda

Pada akhirnya akan dicapai kondisi efektif dan efisien demi terwujudnya lembaga pendidikan berkemajuan. Materi ini disampaikan oleh Dr. Achadi Budi Santosa, M.Pd. dalam kuliah perdana gasal 2018/2019 Magister manajemen Pendidikan bertempat di ruang sidang utama UAD kampus 1 (3/9/2019). Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap semester untuk mengawali perkuliahan dan menyambut mahasiswa baru diikuti oleh sekitar 80 orang terdiri dari mahasiswa dan dosen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *