Tim Dosen UAD Teliti Pembelajaran HoTS di Pulau Lombok
Tim Penelitian Dosen Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang terdiri dari Dr. Siti Urbayatun, M.Si. (S2 Psikologi Profesi), Dr. Suyatno, M.Pd.I. (S2 Manajemen Pendidikan), Ika Maryani, M.Pd. (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), dan Caraka Putra Bhakti, M.Pd. (Bimbingan Konseling) melakukan penelitian tentang model pembelajaran yang dapat meningkatkan Higher Order Thinking Skills siswa di sekolah-sekolah yang terletak di Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini dilaksanakan 11-17 Juli 2019.
Penelitian ini berawal dari gagasan tentang pentingnya membekali para siswa agar memiliki ketrampilan berpikir tingkat tinggi yang terdiri dari ketrampilan untuk melakukan analisis, evaluasi, dan mengkreasi (menemukan hal-hal baru). Ketiga ketrampilan berpikir tersebut merupakan kebutuhan yang paling penting bagi anak agar dapat hidup eksis di abad 21. Suyatno menyatakan bahwa kemampuan berpikir para siswa di Indonesia masih didominasi kemampuan berpikir tingkat rendah. Hal ini disebabkan karena kesadaran sekaligus kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas masih didominasi oleh model-model pembelajaran konvensional. Jika tidak segera diperbaiki, maka SDM Indonesia akan semakin tertinggal dengan SDM negara-negara lain. Lanjutnya, tim peneliti dosen UAD sangat berharap bahwa temuan penelitian yang dilakukan dapat memberikan kontribusi terhadap perbaikan proses pembelajaran di sekolah-sekolah terutama di Propinsi Nusa Tenggara Barat.
Penelitian ini direncanakan berlangsung multi years (3 tahun). Pada tahun pertama, peneliti fokus melakukan need assessment di sekolah-sekolah yang menjadi sampel penelitian. Pada tahun kedua dan ketiga penelitian dilakukan dengan melakukan uji coba model yang telah dibuat sekaligus menerapkan di sekolah-sekolah sasaran. Penelitian ini terselenggara berkat Hibah SKIM PTUPT dari Kemenristekdikti.
Selain melakukan penelitian di sekolah-sekolah, tim juga melakukan kegiatan bersama dengan dosen-dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Mataram dalam bentuk kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa PGSD dan diskusi dengan para dosen dalam rangka penyiapan akreditasi prodi unggul. Kerja sama ini diharapkan dapat berlanjut pada kolaborasi riset dan publikasi artikel di jurnal-jurnal internasional bereputasi.