Dosen S2 MP UAD Menjadi Pembicara Seminar di Inggris

Dosen S2 Manajemen Pendidikan, Dr. Suyatno, M.Pd.I. menjadi salah satu presenter dalam acara konferensi internasional “THE 6TH EUROPEAN CONFERENCE ON PSYCHOLOGY & THE BEHAVIOURAL SCIENCE” yang diselenggarakan oleh The International Academic Forum (IAFOR) di Brighton, United Kingdom, pada tanggal 5-6 Juli 2019. Konferensi ini diikuti oleh ratusan presenter yang berasal dari 50 negara yang tersebar di lima benua.

Dr. Suyatno, M.Pd.I., mengikuti konferensi internasional IAFOR di Brighton, Inggris

Dr Joseph Haldane, CEO IAFOR, dalam sambutannya menyatakan bahwa tema pokok konferensi “Value & Values” menunjukkan dua pertanyaan fundamental pencarian manusia, mengapa dan bagaimana kita melakukan apa yang kita lakukan. Focus pada dua pertanyaan tersebut, kita diajak untuk kembali kepada prinsip-prinsip mendasar dari kerja akademik kita. Focus pada nilai-nilai dari bidang kajian kita menimbulkan pertanyaan mengapa kajian akademik dan keilmuan kita penting bagi masyarakat, kemanusiaan, dan dunia.

Dr. Suyatno (kedua dari kiri) bersama peserta poster

Dalam konferensi tersebut, Suyatno mempresentasikan papernya yang berjudul  “The  Values of Indonesian Teachers: Origin, Importance, and Its Impact on Their Teaching”. Dalam presentasinya Suyatno mengatakan bahwa values merupakan salah satu factor utama dalam mendukung kesuksesan guru-guru di Indonesia dalam menjalankan profesinya. Guru-guru yang hidup dengan nilai-nilai yang positif maka mereka dapat menularkan nilai-nilai kepada para siswa sesuai dengan prinsip-prinsip pedagogis: menumbuhkembangkan potensi, membangun empati, berbagi, dan peduli terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

Dr. Suyatno mempresentasikan paper

Melalui konferensi ini, Dosen sekaligus Kaprodi S2 Manajemen Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan ini berharap dapat memperluas jejaring, pengalaman, sumber-sumber pendanaan penelitian dari luar negeri, dan publikasi ilmiah di jurnal-jurnal internasional bereputasi. Selain sebagai presenter di international conference, Suyatno juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke University of Cambridge (Universitas tertua di dunia) yang terletak di sebelah utara kota London, satu jam perjalanan menggunakan kereta cepat. Keikutsertaan Suyatno dalam konferensi ini berkat hibah dari Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti tahun 2019. (syt/adm)