Strategi Pembelajaran Efektif di Masa Pandemi

“Mengajar tidak hanya menyampaikan PENGETAHUAN, tetapi juga menyampaikan HATI”
— Joko Kiswanto —

Disampaikan oleh Joko Kiswanto, Kalimat diatas merupakan cambuk bagi guru dalam pembejaran. Banyak ditemukan di lapangan bahwa guru hanya share materi dan banyak tugas dengan tidak melihat kondisi anak dan orang tua seperti apa. Itu hal yang hilang di awal pandemi karena guru tidak pernah terbanyangkan menghadapi keadaan (pandemi) ini dan dituntut untuk online. Kesiapan guru harus berubah dalam waktu singkat dan kondisi yang seadanya. Dalam menghadapi pandemi ini semua pihak tidak siap termasuk Guru yang dihadapkan pada keadaan dimana harus merubah pola pembelajaran secara online. Bagaimana itu kita (guru) berempati kepada anak (siswa), orang tua, harus interaktif kemudian membangun kolaborasi dan komunikasi kepada pihak-pihak terkait agar semua pihak merasa nyaman.

Dijelasakan lebih lanjut, sebenarnya apa yang diharapkan dalam pembajaran? Joko menerangkan ada 3 hal yaitu Tujuan berpihak pada siswa, menciptakan pengalaman pembajaran yang nyaman bagi anak baik di rumah atau sekolah. Kadang guru hanya menyampaikan materi tanpa tahu apakah materi yang disampaikan bermakna bagi siswa. Kedua Kolaborasi, sinergi antara guru, orang tua dan siswa karena peran guru dalam masa pandemi ini dipakai oleh orang tua. Banyak waktu dihabiskan anak belaajr dengan orang tua di rumah. Ketiga pengalaman belajar,  Efektif waktu dan kompetensi yang disampaikan sehingga siswa dapat pengalaman bermakna dan menantang sesuai kemapuan serta kebutuhan.

Peserta webinar Menjamin Mutu Pendidikan di Masa Pandemi

Selanjutnya dalam penerapannya, ada beberapa metode pembelajaran yang digunakan. Joko membagikan metode yang digunakan SD Muhammadiyah Al Mujahidin dalam pembelajaran yaitu Project Based Learning, Daring Method, Luring Method, Home Visit Method, Blended Learning. Dalam Praktik mengajarnya ada sinkronus (berinteraksi real time) dan asinkronus (pendampingan guru tidak real time)

Materi disampaikan dalam webinar via media daring ZOOM dan YouTube(10/4/2021), yang diselenggarakan oleh Magister Manajemen Pendidikan UAD (S2 MP UAD)  dengan tema “Menjami Mutu Pendidikan di Era Pandemi”. Hadir sebagai pembicara adalah Prof. Suyata, M.Sc., Ph.D. (Dosen S2 MP UAD) dan Joko Kiswanto, M.Pd. (Alumni S2 MP UAD dan Kepala SD Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul) dengan moderator Dr. Achadi Budi Santosa, M.Pd.