Seminar dan Lokakarya Kurikulum 2013
Selasa (19/8) Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan melaksanakan Seminar dan Lokakarya dengan tema “Antisipasi Problem dan Solusi Implementasi Kurikulum 2013 “. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan dan mengantisipasi segala permasalah yang ada seputar kurikulum 2013 yang baru saja dikeluarkan oleh Kemendikbud. Acara dibuka oleh Direktur Program Pascasarjana UAD Prof. Dr. Achmad Mursyidi, M.Sc., Apt dillanjutkan dengan laporan dari ketua panitia Prof. Suyata, Ph.D. Dalam laporannya beliau menyampaikan Perubahan Kurikulum 2013 sifatnya (Fundamental) dan memperbaiki sistem pendidikan baik ditingkat sekolah maupun ditingkat organisasi, Bagaimana implementasi kurikulum 2013 ditingkat sekolah C dan yang terakhir bahwa misi Pasca MP UAD adalah perbaikan perubahan sitem organisasi di dunia pendidikan (Komitmen Perbaikan Sekolah).
Acara ini dihadiri oleh kepala sekolah SMP Negeri dan Muhammadiyah se-DIY, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, serta dosen Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan. Hadir memberi materi pada kegiatan ini adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, penatar nasional kurikulum 2013 Ahmad Zainal Fanani, S.Pd., M.A, dosen S2 MP Prof. Suyata, Ph.D dan Dr. Sugito, M.Si dengan moderator acara Sumarno, M.A., Ph.D.
Materi pertama disampaikan oleh Prof. Suyata, Ph.D yang pada materi berisi :
- Sekolah berbasis Pengembangan dan Perbaikan ( Janagan Berefikir Hitam Putih), sentral perbaikan adalah berada pada Sekolah.
- Perubahan tidak bersifat Instan, Perlu pengkajian terus menerus menuju arah perbaikan yang maksimal Zero Difect.
- Hal terpenting dalam kurikulum adalah Evaluasi.
- Kurikulum 2013 berbasis pada perubahan Mindset.
Materi Kedua disampaikan oleh Drs. R. Kadarmanta Basakra Aji yang pada materi berisi :
- Latar Belakang/ dasar Kurikulum 2013 disusun. (kemampuan peserta didik untuk mampu berfikir jernih dan kritis/ berbasis pada nilai budaya)
- Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3, UU No.20/2003 Sistem Pendidikan : Fungsi dan Tujuan.
- Kurikulum 2013 Berangkat dari Sikap, Ketrampilan, dan Pengetahuan menuju pada perbuahan anak yang mampu berfikir Kreatif, Inovatif, Produktif, Afektif.
- Konsekuensi Implementasi Kurikulum 2013 (Usulan Dinas Pendidikan DIY).
- Tahapan Implementasi Kurikulum 2013 : tahapan penyusunan bahan ajar, pelatihan guru, pengadaan buku, pelaksanaan dan pendampingan, pemantauan dan evaluasi
Materi Ketiga disampaikan oleh Dr. Sugito, M.Si yang pada materi berisi :
- Konpes kurikulum 2013 berangkat dari pendapat pemaparan wapres tentang konsep pendidikan. Munculnya delapan syarat pendidikan, (Harvard University).
- Sembilan Permasalahan Pendidikan di Indonesia
- Konsep Tata kelola kurikulum 2013Adanya dua versi Indikator keberhasilan implementasi kurikulum 2013 menurut kemendikbud dan guru.
- Kelebihan substansi kurikulum 2013
- Kekurangan Kurikulum 2013
- Solusi Implementasi Kurikulum 2013
- Revisi evaluasi Kuriulum 2013
- Pendataan dan penataan guru
- Penyiapan guru IPS dan IPA
- Adanya persamaan antara Kurikulum LPTK dengan Kurikulum 2013
- Sitem Pendampingan dilapangan.
- Banyak adanya gejolak tentang kurikulum 2013 di media masa
- Indikator keberhasilan Kurikulum 2013 menurut guru tersetrukturnya proses kurikulum mulai dari Planning, Orgenaising, Actuating, Kontroling.
Materi keempat disampaikan oleh Ahmad Zainal Fanani, S.Pd., M.A yang pada materi berisi :
- Rumusan konsep proses kurikulum 2013
- Kurikulum 2006: Knowledge Kurikulum 2013: Actitude, Skill, Knowledge
- Perubahan konsep kurikulum 2006 menuju kurikulum 2013/Pendekatan Saintifik (Epistemologik – berbasis keilmuan)
- Adanya perubahan pola pikir belajar yang harus diterapkan oleh guru.
- Dalam pembelajaran Kurikulum 2013 komunikasi antara guru dengan siswa sangat penting.
- Pendampingan manajerial
Pada akhirnya semoga dengan acara ini diharapkan para guru dapat mengatasi berbagai problem/masalah tentang kurikulum 2013 (one)