Pengembangan Iklim Akademik dan Publikasi Ilmiah

Dr. Rully (tengah) menyampaikan materi diskusi, Sunardi, Ph.D. (kanan) dan Dr. Edhy Susatya (kiri) sebagai moderator

Publikasi karya ilmiah merupakan salah satu syarat kelulusan dari mahasiswa magister. Untuk itu prodi berperan untuk memfasilitasi kegiatan untuk mahasiswa agar kegiatan publikasi tidak ada kendala. Salah satu kegiatan adalah mengadakan diskusi ilmiah dengan mengundang narasumber yang berkompeten dalam publikasi ilmiah. Dalam kesempatan diskusi kali ini hadir Dr. Rully Charitas Indra Prahmana dan Sunardi Ph.D. memberikan materi tentang iklim akademik dan publikasi ilmiah mahasiswa.

Fokus materi diskusi dari Dr. Rully Charitas Indra Prahmana adalah publikasi ilmiah dari penulisan sampai dengan submit artikel publikasi. Menerangkan bagaimana tahapan menulis artikel ilmiah dari jurnal lokal sampai jurnal internasional terakreditasi dan terindeks scopus. Sedangkan Sunardi, Ph.D. menerangkan tentang iklim akademik yang ada di lingkungan program pascasarjana UAD. Beliau mengambil contoh dari Magister Teknik Informatika yang selama ini mahasiswa aktif dalam penulisan artikel ilmiah. Bagaimana menciptakan kebijakan dan peraturan agar mahasiswa terbiasa untuk menulis artikel ilmiah.

mahasiswa bertanya tentang diskusi ilmiah

Diskusi ini dilaksanakan selasa (27/11/18) bertempat di ruang sidang kampus 1 dengan diikuti oleh mahasiswa semester 1, 2, dan 3. Terutama untuk semester 3 diskusi ini penting karena akan mengerjakan tesis, jadi penulisan artikel ilmiah sejalan dengan tesis.  Kaprodi Magister Manajemen Pendidikan dalam pembukaan diskusi ini menyampaikan bahwa kegiatan ini akan ada kelanjutannya. Jadi mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah akan didampingi dari mulai pemilihan judul, pemilihan jurnal sampai submit dalam jurnal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *