Mathematics Curriculum Management of Distance Learning Program in Junior High School
Latar belakang penelitian adalah penerapan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran tatap muka di era pendidikan normal baru memiliki implikasi psikologis bagi siswa termasuk pada pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model konseptual implementasi manajemen kurikulum dalam pembelajaran matematika jarak jauh di SMP.
Penelitian ini merupakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan data berasal dari 10 SMP, data diperoleh secara kolektif berupa wawancara dari narasumber. Data diolah dengan aplikasi atlas.ti 8 kemudian divalidasi dan melakukan triangulasi sumber sehingga muncul hasil penelitian yakni (1) strategi pelaksanaan manajemen kurikulum dalam pembelajaran matematika jarak jauh yang diterapkan di pimpin langsung oleh kepala sekolah dengan bentuk brakedown peraturan, (2) pembelajaran yang dilakukan oleh guru berdasarkan perencanaan yang telah disusun oleh guru pada awal tahun ajaran, (3) sarana prasarana untuk pelaksanaan pembelajaran sudah terpenuhi, (4) pelatihan yang diberikan pada guru sudah di program oleh kepala sekolah dengan periodik, (5) pembentukan kelas yang dilakukan berfungsi untuk mengelompokan peserta didik sesuai dengan minat dan kemampuannya, (6) kendala yang dihadapi oleh guru adalah sulit mengetahui eksperesi peserta didik saat pembelajaran, (7) kendala yang dihadapi oleh peserta didik adalah jaringan dan kuota yang dimiliki oleh peserta didik sehingga sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru.
Artikel ini ditulis oleh Adi Syaputra bersama Dr. Dian Hidayati dan Dr. Enung Hasanah yang terbit dalam Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika volume 12 nomor 1 tahun 2023. Mosharafa jurnal terakreditasi Sinta 2.
Artikel ini merupakan luaran dari Penelitian Tesis Magister (PTM) hibah dari Kemendikbudristek tahun 2022. Adi Syaputra merupakan salah satu dari beberapa mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD (S2 MP UAD) yang meraih hibah PTM tahun 2022.
Lihat artikel lengkap di https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv12n1_7