Inovasi Pendidikan Untuk Generasi Berkemajuan

Dr. Enung Hasanah, M.Pd. menyampaikan materi kuliah perdana di S2 MP UAD

Peran pendidikan untuk memecahkan masalah, dan akan menjadi penting untuk dikembangkan para pemikir yang kreatif yang akan membuat berbagai inovasi pendidikan. Masalah bangsa akan dapat teratasi dengan adanya ini. Paparan materi dari Dr Enung Hasanah M.Pd. dalam kuliah perdana Magister Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (S2 MP UAD) pada Selasa (10/9/2019) yang bertempat di ruang meeting UAD kampus 2B.

Mahasiswa mengikuti kuliah perdana S2 MP UAD

Disampaikan lebih lanjut bahwa inovasi itu membuat hidup lebih mudah dan tentunya baik, efektif serta efisien. Dampaknya bisa dirasakan oleh sedikit maupun banyak orang dalam masyarakat. Kemunculan revolusi 4.0 dalam berbagai bidang juga mempengaruhi dunia pendidikan sehingga perlu dilakukan inovasi. Penggunaan teknologi dalam pendidikan dan pembelajaran tidak bisa dihindarkan. “Dalam tahap Revolusi 4.0 ini robot sebagai rekan kerja dan bukan alat untuk kerja” kata Enung yang juga sebagai dosen S2 MP UAD. Diterangkan juga bahwa inovasi pendidikan itu penting untuk menyiapkan kemampuan dari mahasiswa sejalan dengan kebutuhan dan tuntutan perkembangan zaman.

Dia menerangkan juga mengenai tantangan yang dihadapi dalam revolusi industri 4.0 dalam dunia pendidikan khususnya. Inovasi pendidikan penting untuk menyeimbangkan kemampuan mahasiswa dengan tuntutan perkembangan zaman. Sebab sistem pendidikan berevolusi selama berabad-abad sebagai respon terhadap inovasi sosial, ekonomi dan teknologi.