Inovasi Guru Dorong Pembelajaran Mendalam Menuju Sekolah Unggul
Yogyakarta — Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menyelenggarakan program pemberdayaan umat (Prodamat) dalam bentuk webinar daring bertajuk “Inovasi Guru melalui Pembelajaran Mendalam dalam Mewujudkan Sekolah Unggul”. Webinar ini dilaksanakan pada Jumat, 15 November 2025 secara daring melalui Zoom Meeting.
Kegiatan ini diikuti oleh 78 peserta terdaftar dengan 48 peserta aktif hadir, yang terdiri atas guru dan calon guru dari berbagai daerah. Antusiasme peserta terlihat dari keaktifan dalam diskusi, sesi tanya jawab, serta refleksi praktik pembelajaran yang disampaikan selama webinar berlangsung.
Webinar menghadirkan Dr. Enung Hasanah, M.Pd. sebagai narasumber utama yang memaparkan pentingnya inovasi guru melalui pendekatan pembelajaran mendalam (deep learning) dalam menjawab tantangan pendidikan abad ke-21 serta implementasi Kurikulum Merdeka. Dalam paparannya, narasumber menekankan bahwa pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan berpusat pada peserta didik merupakan kunci terwujudnya sekolah unggul.
Ketua Kelompok Prodamat Magister Manajemen Pendidikan UAD, Isvihani Abdurrahnan, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang refleksi dan penguatan kompetensi guru dalam mengembangkan praktik pembelajaran inovatif.
“Kami berharap webinar ini dapat menjadi sarana bagi guru untuk memahami dan menerapkan pembelajaran mendalam secara nyata di kelas, sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendorong terwujudnya sekolah unggul,” ungkapnya.
Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pemberdayaan Umat (Prodamat) yang dilaksanakan oleh Program Studi Magister Manajemen Pendidikan UAD sebagai bentuk kontribusi akademik perguruan tinggi dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru. Melalui forum ini, peserta memperoleh wawasan terkait strategi inovatif pembelajaran, integrasi teknologi, serta penguatan peran guru sebagai agen perubahan di sekolah.
Selain penyampaian materi, webinar juga diisi dengan diskusi interaktif yang membahas berbagai faktor pendukung dan penghambat inovasi guru di sekolah, seperti dukungan kepemimpinan sekolah, budaya kolaboratif, keterbatasan waktu, serta beban administrasi guru.
Melalui kegiatan ini, Prodamat Magister Manajemen Pendidikan UAD berharap dapat mendorong lahirnya praktik-praktik pembelajaran inovatif yang berdampak nyata di kelas serta memperkuat jejaring profesional guru dalam mewujudkan budaya sekolah unggul yang berkelanjutan.





