Meretas Kreativitas Guru Berau melalui Pelatihan Pembelajaran Mendalam
Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan (S2 MP) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Program Pemberdayaan Umat (Prodamat) berupa pelatihan bertajuk “Rahasia Pembelajaran Mendalam dalam Meretas Kreativitas”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 22 November 2025, pukul 07.30–11.45 WITA, bertempat di Aula SMAIT Ash Shohwah, Jalan Al Bina Pembangunan 1, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.
Pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta yang mayoritas merupakan guru Sekolah Dasar swasta, serta dihadiri pula oleh guru SD negeri, perwakilan guru SMP dan SMA. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala SDIT Ash Shohwah serta Dosen Pembimbing Prodamat, Dr. Muhammad Zuhaery, M.A., yang memberikan dukungan langsung terhadap pelaksanaan kegiatan.
Narasumber dalam kegiatan ini adalah Ibu Ma’rifah, S.Pd, fasilitator Pembelajaran Mendalam Kabupaten Berau. Selain itu, beliau juga merupakan Adult Leader South East Asia Youth Leadership Program (SEAYLP) Amerika Serikat tahun 2018 serta Oral Presenter of Langkit “Building Islamic Character” di Filipina tahun 2019. Dalam paparannya, narasumber menekankan pentingnya perubahan paradigma pembelajaran di sekolah agar lebih berorientasi pada proses, bukan sekadar hasil.
“Indonesia sedang bergerak maju menuju masyarakat berbasis pengetahuan dan kreativitas, namun masih dibebani sistem evaluasi yang menilai hasil, bukan proses. Ketika AI dan otomatisasi mengambil alih tugas rutin, satu-satunya kompetensi yang tak tergantikan adalah kemampuan manusia untuk berpikir mendalam, berempati, beradaptasi, dan bermakna,” ujar Ibu Ma’rifah.
Pelaksanaan kegiatan Prodamat ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat yang telah diprogramkan oleh Universitas Ahmad Dahlan. Tema pembelajaran mendalam dipilih berdasarkan hasil pengamatan tim pelaksana bahwa masih banyak guru yang belum memahami konsep pembelajaran mendalam, baik secara teoretis maupun praktik di kelas.
Selama kegiatan berlangsung, suasana pelatihan berjalan tertib, lancar, dan penuh antusiasme. Para peserta aktif berdiskusi dan terlibat langsung dalam setiap sesi pelatihan yang disampaikan oleh narasumber.
Ketua Prodamat, Rini, menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan ini. “Alhamdulillah kegiatan ini telah terlaksana dengan lancar. Antusias peserta luar biasa, meskipun kegiatan dimulai lebih pagi namun peserta hadir tepat waktu dan mengikuti kegiatan hingga selesai. Saya berharap kegiatan ini tidak berhenti di sini saja, tetapi mampu menumbuhkan kesadaran guru untuk terus meningkatkan kompetensi diri,” ungkapnya.
Melalui kegiatan ini, mahasiswa S2 MP FKIP UAD berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas pembelajaran serta mendorong guru untuk menerapkan pembelajaran yang lebih mendalam, bermakna, dan relevan dengan tantangan pendidikan di era digital.





