The Role of School Principal as an Educator in Developing Teachers’ Pedagogical Competence in SMA Negeri 1 Koba, Central Bangka Regency
Guru mempunyai peranan sentral dalam proses pembelajaran di kelas, dimana salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi ini penting agar guru dapat mengelola pembelajaran secara efektif, mengembangkan potensi; siswa, memahami model pembelajaran, mencegah pembelajaran monoton, merancang program pembelajaran, memahami karakteristik siswa, dan mengevaluasi hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai pendidik dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 1 Koba Kabupaten Bangka Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan lima orang guru. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap pengumpulan, kondensasi, display, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah di SMA Negeri 1 Koba berperan penting sebagai pendidik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui pemberian bimbingan, pemberian semangat, pemberian pengarahan, membangun suasana kondusif, pemberian kesempatan, pemberian keteladanan, pemberian nasehat, dan pelaksanaan pelatihan. Peran ini memungkinkan guru untuk belajar dan berkembang, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Artikel ditulis oleh mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD Sindy Sataroh bersama dosen Dr. Enung Hasanah, M.Pd., yang merupakan luaran dari hibah Penelitian Tesis Magister (PTM) DRTPM tahun 2024 terbit di International Journal of Educational Management and Innovation (IJEMI) Volume 6 Nomo1 1, 2025.
Baca lengkap artikel di https://journal2.uad.ac.id/index.php/ijemi/article/view/11449