Teacher Habits and Workload in the Digitalization of Education
Digitalisasi pendidikan telah memberikan perubahan yang signifikan peran dan tanggung jawab guru. Perubahan ini memberikan tantangan dan peluang baru bagi guru dalam mengintegrasikan teknologi untuk menunjang pekerjaan profesional sebagai seorang guru. Digitalisasi pendidikan mengharuskan guru untuk menggunakan teknologi digital dalam segala pekerjaan, sehingga banyak mengubah kebiasaan dan beban kerja guru untuk mendukung pekerjaan profesionalisme guru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap kebiasaan-kebiasaan guru dan beban kerja guru dalam digitalisasi pendidikan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi literatur dengan mengidentifikasi topik penelitian berdasarkan penelitian terdahulu yang relavan dengan tujuan penelitian.
Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan digitalisasi pendidikan mampu memberikan perubahan kebiasaan dan beban kerja guru. Kebiasaan ini mencakup digitalisasi dalam pembelajaran, digitalisasi dalam administratif dan pengembangan kompetensi digital guru. Selain itu beban kerja guru lebih diringankan dengan adanya digitalisasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kompetensi guru di era digital.
Artikel ditulis oleh Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD Hilhamsyah dan Mohammad Luthfi Imama bersama Dosen Dr. Dian Hidayati, M.M., yang terbit dalam Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Volume 7 Nomor 4 tahun 2024.