Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Penerapan Kurikulum Merdeka
Penelitian ini mengkaji kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Fokus penelitian ini adalah pada penerapan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Idealnya, kepemimpinan transformasional adalah upaya untuk mengubah individu guna mencapai kualitas terbaik. Namun, dikhawatirkan kurangnya stimulus kepala sekolah sebagai pemimpin dapat mempersulit terlaksananya kegiatan sekolah.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang merupakan pendekatan mendalam untuk memberikan wawasan yang komprehensif. Lokasi penelitian berada di SD Muhammadiyah Wirobrajan 1 Yogyakarta. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan dua orang subjek yaitu kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Data sekunder diperoleh melalui observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data melibatkan pengelolaan, pengelompokan, penyortiran, penandaan, dan pengkodean, serta pemberian kategori data sehingga hipotesis kerja dapat diperoleh dan dirumuskan sesuai dengan data yang diperoleh. Prosedur analisis data meliputi reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SD Muhammadiyah Wirobrajan 1 Yogyakarta melakukan upaya pengembangan sarana dan prasarana, membangun hubungan yang baik dengan guru, dan mewujudkan visi, misi, serta pengembangan akademik sekolah melalui implementasi kurikulum merdeka.
Artikel ditulis oleh mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD yaitu Edo Agustian bersama dosen Dr. Dian Hidayati, Dr. Widodo. Artikel terbit di Journal of Education and Teaching (JET) Volume 5 Nomor 3 tahun 2024. Baca lengkap mengenai artikel di https://jet.or.id/index.php/jet/article/view/444/118