Inovasi Kurikulum dan Pemberdayaan Tenaga Pendidikan
Dita Triani, S.Pd., yang merupakan mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD (S2 MP UAD) menjadi pemateri dalam seminar bersama berkolaborasi dengan prodi Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (Adpen UPI). Seminar bersama dilaksanakan pada 13 November 2023 bertempat di ruang FIP UPI Bandung.
Dalam materinya Dita Triani menyampaikan tentang inovasi dalam kurikulum dan pemberdayaan tenaga pendidikan. Dijelaskan oleh Dita bahwa kurikulum yang kontekstual dan relevan dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan teknologi perlu diimplementasikan, termasuk pendekatan pembelajaran berbasis proyek yang meningkatkan keterampilan praktis.
“Pendidikan karakter dan keterampilan hidup harus ditekankan, sementara integrasi teknologi dalam pembelajaran menjadi kunci,” terang Dita yang juga guru SD Muhammadiyah Mlangi.
Pemberdayaan guru melalui pelatihan berkelanjutan dan kolaborasi antar-guru akan meningkatkan kualitas pengajaran. Pendidikan inklusif, kemitraan dengan industri, dan partisipasi masyarakat juga menjadi bagian integral dalam menciptakan sistem pendidikan yang adaptif, relevan, dan berkelanjutan.
Setelah acara seminar bersama Dita Triani menyampaikan bahwa sebagai pemateri merasa terhormat dapat berbagi pengetahuan dan wawasan dengan para peserta, dan interaksi yang intens selama sesi menjadi pengalaman yang berkesan. Kegiatan ini memberikan peluang luar biasa untuk menjalin koneksi dengan rekan-rekan sesama pemateri dan peserta.
“Saya merasa senang melihat antusiasme dan keterlibatan para peserta dalam diskusi dan tanya jawab, menciptakan lingkungan yang dinamis dan kolaboratif,” terang Dita Triani
Dita Triani salah satu dari empat pemateri dalam seminar bersama selain ada dari S2 MP UAD adalah Dr. Achadi Budi Santosa, M,Pd., sedangkan dari Adpen UPI adalah Dr. Taufani Chusnul Kurniatun, M.Si, dan Irvan Gunawan, S.Pd. Seminar bersama ini merupakan rangkaian dari student mobility yang dilaksanakan pada 13-14 November 2023 di Kota Bandung.