Kepemimpinan Pendidikan yang Efektif
Selama pandemi covid-19 yang lalu, prodi Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD (S2 MP UAD) rutin menyelenggarakan webinar series untuk memperkenalkan prodi dan karena keterbatasan untuk bertatap muka secara luring. Kegiatan ini berlanjut menjadi kegiatan rutin prodi yang diselenggarakan setiap semester meskipun pandemi sudah berakhir. Dengan pelaksanaan secara daring kegiatan lebih mudah mengikuti dan peserta banyak sebarannya dari berbagai daerah di Indonesia.
“Acara webinar series ini sebagai salah satu wujud dari program pengabdian yang dilakukan oleh Magister Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan yang dipersembahkan untuk seluruh masyarakat pendidikan Indonesia jadi pesertanya tidak terbatas kepada mahasiswa maupun guru tetapi boleh dari kalangan manapun,” terang Dr. Enung Hasanah selaku Kaprodi S2 MP UAD dalam sambutannya.
Pada edisi pertama webinar series semester ini, hadir Dr. Achadi Budi Santosa, M.Pd., yang juga dosen S2 MP UAD sebagai narasumber. Kegiatan dilaksanakan pada Rabu, 14 Juni 2023 secara daring via Zoom dengan diikuti 60 peserta tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. Tema yang diangkat dalam webinar ini adalah “Mewujudkan Kepemimpinan Pendidikan yang Efektif” sesuai dengan kepakaran dari narasumber.
Mengawali materinya, Dr. Budi biasa disapa menyampaikan permasalahan umum yang terjadi dari hasil-hasil penelitian tentang kepemimpinan pendidikan yaitu pertama meredupnya nilai-nilai pendidikan, baik di lingkungan lembaga pendidikan maupun di tengah masyarakat, kedua budaya permisif yang semakin meluas, dan ketiga minimnya peran keteladanan di tengah masyarakat.
“Kepemimpinan pendidikan yang efektif adalah kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang sukses,” terang Dr. Budi.
Dijelaskan lebih lanjut kepemimpinan pendidikan yang efektif ini merupakan kemampuan yang dapat mempengaruhi orang lain dalam mencapai tujuan pendidikan. Hal ini melibatkan kemampuna untuk memitivasi, mengarahkan, dan memberdayakan para siswa, guru dan staf sekolah.
Dalam pembahasannya kali ini Dr Budi membagi menjadi beberapa sub bab pembahasan. Pertama, Karakteristik kepemimpinan yang efektif, kedua pentingnya kepemimpinan pendidikan, ketiga strategi untuk mewujudkan kepemimpinan pendidikan, dan keempat tantangan dalam mewujudkan kepemimpinan pendidikan.
Mengakhiri materinya, semua yang dilakukan untuk mencapai tujuan kepemimpinan pendidikan yang efektif perlu dikukur dan dievaluasi untuk memastikan bahwa institusi pendidikan mecapai tujuan-tujuan dengan sukses.
“Tanpa pengukuran yang tepat, para pemimpin pendidikan tidak dapat mengetahui apakah strategi-strategi yang mereka gunakan berhasil atau tidak,” pungkas Dr. Budi.