Marketing Management of Educational Services in Improving The Image of Islamic Boarding Schools
Artikel ilmiah yang ditulis oleh Fillah Babul Fathatul Jannah mahasiswa lulusan 2022 dengan Dr. Dian Hidayati, MM., yang terbit pada jurnal Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam volume 7 nomor 1 tahun 2023. Jurnal ini terindeks Sinta 2.
Penelitian ini berfokus pada manajemen pemasaran yang dilakukan pesantren untuk meningkatkan citranya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan enam responden yang kemudian dianalisis dan dinilai keabsahan datanya dengan teknik triangulasi di pondok pesantren di Kabupaten Bantul.
Dijelaskan oleh Fillah sebagai penulis pertama, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen pemasaran layanan pendidikan di pondok pesantren telah berjalan efektif, dibuktikan dengan peningkatan santri setiap tahunnya; 2) faktor peningkat citra pondok pesantren meliputi dukungan masyarakat, peran yayasan yang besar, dan komitmen pondok pesantren; 3) faktor-faktor tersebut diperkuat dengan konsep 4P strategi bauran pemasaran: produk, promosi, proses, dan orang; 4) aktivitas media memiliki peran penting selama proses pemasaran; 5) program-program unggulan di pondok pesantren juga dapat meningkatkan animo masyarakat; 6) karakteristik masing-masing pesantren menjadi daya tarik tersendiri bagi minat masyarakat terhadap pesantren. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa citra pesantren dapat dibentuk dengan menerapkan strategi pemasaran dengan memanfaatkan konsep bauran pemasaran dan dapat dibangun melalui komunikasi yang baik dalam setiap koordinasi.
Artikel lengkap bisa dilihat pada link https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/4353
Sebagai tambahan informasi, bahwa artikel ini merupakan luaran dari Penelitian Tesis Magister (PTM) hibah dari Kemendikbudristek tahun 2022. Fillah Babul Fathatul Jannah merupakan salah satu dari beberapa mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD (S2 MP UAD) yang meraih hibah PTM tahun 2022