Workshop STEM Education

Kegiatan Program Pengembangan Masyarakat (PRODAMAT) yang merupakan salah satu program wajib bagi mahasiswa S2 MP UAD, sebagai gambaran dalam kegiatan yang nyata langsung berinteraksi dengan masyarakat. Menurut Dr. Edhy Susatya, M.Pd. program ini sangat bagus dan memberikan inspirasi untuk selalu berkarya dan berinovasi dengan melihat secara langsung kebutuhan yang ada di masyarakat pada saat ini. Beliau juga menjelaskan tentang implementasi abad 21 serta pengaruhnya apabila diterapkan dengan baik pada satuan pendidikan.

Ailis Safitri (kiri) ketua panitia workshop STEM

Pemaparan ketua penyelenggara Ailis Safitri, S.H.I., yang didampingi anggotanya Roni Elistanto, Dedy Setyawan, dan Apri Retnaningsih menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai wujud kepedulian UAD terhadap kebutuhan masyarakat tentang tantangan perkembangan pendidikan yang selalu berkembang. Kegiatan yang mengusung konsep Workshop STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Education With Professional Instructure yang bertema “Dengan STEM Siap Menghadapi Pendidikan Abad 21”  merupakan kegiatan yang sangat cocok untuk keadaan pendidikan saat ini. Tim STEM Kabupaten Sleman yang di pandu oleh Ibu Erny dan Ibu Ary ini sangat memberikan banyak inspirasi dan model pembelajaran yang bervariasi serta beragam karena dikaitkan dengan kehidupan keseharian peserta didik serta kebebasan untuk menuangkan ide, gagasan, dan imajinasi untuk mengerjakan proyek.

Pemateri STEM (no 3 dari kiri) bersama peserta workshop

Menurut Ailis Safitri, S.H.I., workshop yang diselenggarakan ini sangatlah singkat namun sudah memberikan efek yang bermanfaat bagi para peserta, dimana peserta cukup antusias dan aktif dalam mengikuti semua kegiatan yang disampaikan oleh tim STIM Kabupaten Sleman ini. Harapannya kegiatan ini dapat dikembangkan dan diimbaskan di seluruh tempat yang ada di Yogyakarta ini, sehingga proses pembelajaran di sekolah tidak membosankan bagi peserta didik, bahkan bias mengasah kemampuan pendidik untuk lebih kreatif.

Peserta workshop STEM

Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada hari sabtu (2/2/1019) di SD Muhammadiyah Macanan Sleman, dengan dihadiri 60 peserta. Para peserta sangat antusias terbukti dengan selalu semangat dalam mengikuti workshop yang berlangsung dari pagi sampai sore hari.

Peserta workshop STEM