Teori Belajar & Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skills
Buku ajar Teori Belajar & Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skills disusun ke dalam sistematika 8 bab yang saling berkesinambungan antara bab pertama hingga bab terakhir. Tema-tema dalam setiap bab buku ini adalah Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran; Teori-teori belajar yang terdiri dari: teori belajar behavioristik, teori belajar kognitif, teori belajar sosial, teori belajar konstruktivistik, dan teori belajar humanistik; Pentingnya Kecakapan Abad 21; Pembelajaran Berorientasi pada higher order thinking skills (HOTS); Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berorientasi HOTS; Model-Model Pembelajaran Berorientasi HOTS; dan Evaluasi Pembelajaran Berorientasi HOTS.
Tema-tema ini merupakan tema yang sangat penting untuk dipahami bagi para pendidik yang ingin menerapkan pembelajaran berorientasi HOTS. Pembelajaran berorientasi HOTS merupakan tuntutan pembelajaran di semua kelas di abad 21 ini. Dengan pembelajaran berorientasi HOTS maka anak didik akan memiliki kemampuan analisis, evaluasi, kreasi, dan bermuara pada problem solving. Dengan kemampuan ini maka anak didik akan eksis menghadapi berbagai tantangan abad 21.
Buku ini ditulis oleh para penulis yang memiliki pengalaman mengajar berorientasi higher order thinking skills. Setiap tema didukung oleh sumber-sumber rujukan yang kaya dan up to date sehingga buku ini layak menjadi salah satu rujukan bagi dosen, guru, mahasiswa, dan praktisi dalam memahami dan menerapkan pembelajaran berorientasi higher order thinking skills.
Buku ini ditulis kolaborasi dosen dan alumni Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD, Dr. Suyatno, M.Pd.I., Indra Juharni, M.Pd., dan Wandika Wita Susilowati, S.Pd.