S2 MP UAD Berkolaborasi dengan Forum Guru Mata Pelajaran DIY Mengadakan Seminar Pembelajaran Mendalam
Bertempat di Amphitarium UAD kampus 4 (10/4/2025), Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD (S2 MP UAD) berkolaborasi dengan Forum Guru Mata Pelajaran Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelenggarakan Seminar Pembelajaran Mendalam (Deep Learning). Hadir dalam seminar ini 230 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru mata pelajaran se DIY.
Sriyanto, M.Pd., selaku ketua panitia menyampaikan bahwa seminar ini selain untuk berbagi ilmu adalah kolaborasi antara UAD dan komunitas serta mengenalkan UAD kepada kepala sekolah dan guru di DIY.
Dekan FKIP UAD Muhammad Sayuti, Ph.D., menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan menyambut baik kedatangan peserta seminar.
“Perubahan tidak hanya dalam pembelajaran, LPTK seperti kami juga harus berubah mengikuti zaman,” terang Sayuti.
Disampikan juga oleh Sayuti bahwa FKIP UAD adalah fakultas one stop shopping dimana terdapat prodi sarjana, magister, doktoral, dan profesi. S2 MP UAD adalah satu diantaranya yang mana adalah prodi dengan mahasiswa terbanyak dan lulusan 70 % kurang dari 3 semester.
Dalam seminar ini hadir dua narasumber yaitu Drs. Suhirman, M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY dan Dr. Enung Hasanah, M.Pd., Kaprodi S2 MP UAD.
“Salah satu pelaksanaan penerapan pembelajaran mendalam adalah dengan pemanfaatan lingkungan sekitar seperti lingkungan sekolah,” terang Suhirman
Disampaikan oleh Suhirman bahwa dinas pendidikan sudah melaksanakan monitoring pembelajaran mendalam dilakukan melalui Observasi Pembelajaran di kelas pada 14 SMA Kota Yogyakarta baik negeri maupun swasta. Pengawas bertugas memonitoring melakukan pra observasi, observasi pembelajaran di kelas dan pasca observasi.
“Sebelum acara tadi saya membagikan form survey kecil kepada para peserta, dan sebagian besar menghendaki praktik langsung dalam kegiatan ini,” kata Dr Enung membuka materinya.
Dalam penyampaian materinya lebih banyak praktik dan diskusi bersama para peserta serta pengalaman dalam melaksanakan pembelajaran mendalam yang sudah dilaksanakan dan dipublikasikan dalam jurnal ilmiah.
Disampaikan oleh Dr Enung secara sederhana bahwa pembelajaran mendalam adalah saat siswa memahami “mengapa” di balik apa yang mereka pelajari. Misalnya, siswa memahami bahwa tubuh manusia mengatur suhunya sendiri, bahwa korelasi tidak menyiratkan sebab akibat, dan bahwa kelangkaan adalah prinsip umum ekonomi.