Quality of Elementary School Graduates : The Contribution of Teacher Leadership, Student Self-Regulated Learning, and School Culture
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas lulusan sekolah dasar. Kontributor potensial diperiksa sebagai guru kepemimpinan, pengaturan diri siswa, dan budaya sekolah.
Metode yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Seratus empat puluh tujuh guru sekolah dasar di Kabupaten Bantul diberikan kuesioner kepada menilai prasyarat. Data ini kemudian digunakan untuk regresi linier berganda analisis menggunakan SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kepemimpinan guru, belajar mandiri siswa, dan budaya sekolah pada kualitas lulusan. Kepemimpinan guru dan pembelajaran mandiri siswa adalah dua faktor terpenting yang mempengaruhi kualitas. Selain itu, budaya sekolah ditemukan memiliki pengaruh parsial yang signifikan terhadap kualitas lulusan. Oleh karena itu, meningkatkan kepemimpinan guru, pembelajaran mandiri siswa, dan budaya sekolah dalam pendidikan membantu meningkatkan kualitas lulusan.
Artikel ditulis oleh Indra Juharni mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD bersama dengan Suyatno, Widodo, Nunu Nurfirdaus, Deprizon. Indra Juharni merupakan mahasiswa penerima hibah Penelitian Tesis Magister (PTM) tahun 2022 dengan dosen pembimbing Dr. Suyatno, M.Pd.I., dan Dr. Widodo, M.Si. Artikel ini merupakan luaran dari PTM. Artikel ini ditulis berkolaborasi antar universitas yaitu STKIP Muhammadiyah Kuningan, Universitas Muhammadiyah Riau.
Lihat artikel lengkap di https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/6669/