Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Kegiatan Prodamat ini berupa Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi yang dilaksanakan di Aula Kampus 2 UAD Yogyakarta pada tanggal 26 Mei 2023. Peserta kegiatan ini terdiri dari 50 peserta yang terdiri dari guru-guru Sekolah Muhammadiyah di Kecamatan Umbulharjo. Narasumber pada kegiatan ini oleh Prof. Dr. Suyatna, M.Pd. dari UAD Yogyakarta.
Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Dengan pembelajaran berdiferensiasi, diharapkan para guru mampu memenuhi kebutuhan belajar yang beragam dari setiap siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Tema pembelajaran berdiferensiasi dipilih karena pentingnya menyesuaikan metode pengajaran dengan berbagai karakteristik dan kebutuhan siswa. Ini merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan efektif bagi semua siswa.
Kegiatan berlangsung dengan sangat interaktif dan penuh antusiasme. Para peserta aktif berdiskusi dan berbagi pengalaman, serta mendapatkan berbagai strategi praktis untuk diterapkan di kelas masing-masing. Narasumber, Prof. Dr. Suyatno, M.Pd., memberikan materi dengan sangat menarik dan melibatkan para peserta dalam berbagai kegiatan simulasi dan studi kasus.
Ketua Prodamat, Fitnathul Khikmah, menyampaikan, “Workshop ini sangat bermanfaat bagi kami para guru. Banyak ilmu baru yang kami dapatkan dan siap untuk diterapkan di sekolah. Pembelajaran berdiferensiasi ini benar-benar membuka wawasan kami tentang pentingnya memahami dan mengakomodasi kebutuhan belajar setiap siswa.”
Resume singkat narasumber Prof. Dr. Suyatno, M.Pd. adalah seorang pakar pendidikan dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang pengajaran dan pengembangan kurikulum. Beliau adalah dosen di Universitas Ahmad Dahlan dan telah banyak memberikan pelatihan dan workshop mengenai metode pembelajaran inovatif di berbagai sekolah dan institusi pendidikan.
Dalam salah satu kutipannya, Prof. Dr. Suyatna, M.Pd., “Pembelajaran berdiferensiasi bukan hanya tentang metode, tetapi tentang komitmen kita untuk melihat setiap siswa sebagai individu yang unik dan membantu mereka mencapai potensi terbaiknya.”
Dengan suksesnya kegiatan ini, diharapkan para guru dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas mereka dan memberikan dampak positif bagi perkembangan akademik dan pribadi siswa. (Rfq)