Kurikulum Mengacu KKNI

Prodi Magister Manajemen Pendidikan UAD (S2 MP UAD) mengadakan Lokakarya Kurikulum Mengacu KKNI. Kegiatan ini berlangsung 2 hari pada 6-7 Januari 2020 bertempat di Meeting Room UAD kampus 2B. “Lokakarya ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Lokakarya kurikulum sebelumnya (disini)”, terang Dr. Suyatno, M.Pd.I dalam sambutannya. Selama ini kurikulum di S2 MP UAD dirasakan berat dan banyak mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa. Mata kuliah Asosiasi Manajemen Pendidikan (APMAPI) dan Muhammadiyah perlu dimasukkan dan diberikan jatah sks, papar lebih lanjut.

Kaprodi memberikan pengantar lokakarya

Jika kegiatan sebelumnya melakukan tinjauan kurikulum yang sedang berjalan, sedangkan kegiatan kali ini merupakan eksekusi dan implementasi kurikulum yang baru. Hadir membuka lokakarya ini Wakil Direktur Program Pascasarjana UAD Prof. Dr. Dwi Sulisworo, MT., yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa review kurikulum penting dilakukan untuk melihat seberapa jauh kurikulum berjalan baik selama ini. Kurikulum juga memfasilitasi mahasiswa dalam menyelesaikan studinya tepat waktu dan persyaratan kelulusan.

Peserta Lokakarya Kurikulum

Lokakarya kali ini mengundang 3 narasumber yaitu pertama Ketua Badan Pengembangan Akademik (BPA UAD) Drs. Ishafit, M.Pd. memberikan materi tentang Kebijakan Kurikulum UAD dan Pengembangan Akademik di Pascasarjana, kedua Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Pendidikan UNY Dr. Cepi Syafrudin Abdul Jabar, M.Pd. memberikan materiĀ Best Practice Kurikulum S2 MP dan ketiga, ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM UAD) yang diwakili oleh Imam Santosa, MT. memberikan materi tentang Standar Akreditasi Kurikulum.

Dr. Cepi menyampaikan materi lokakarya

Setelah penyampaian materi dari ketiga narasumber, lokakarya dilanjutkan pemaparan dari Kaprodi Dr Suyatno, M.Pd.I dan Dr. Achadi Budi Santosa, M.Pd. yang merupakan penanggungjawab review kurikulum S2 MP UAD. Diharapkan dari kegiatan ini dihasilkan kurikulum yang mewakili visi dan misi prodi dan mengacu KKNI dengan khas S2 MP UAD.