Collaborative online learning: implementation of vocational alignment in accordance with industry’s needs
Artikel ini ditulis oleh Isnaini Sholihan Abdurrahman bersama Dr. Fitri Nur Mahmudah, Dr. Achadi Budi Santosa, Paryono, Saryadi, Sulistio Mukti Cahyono yang terbit dalam Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK), volume 29 nomor 1 tahun 2023. JPTK masuk kategori jurnal nasional terakreditasi Sinta 2.
Percepatan transformasi digital saat ini menuntut kemampuan adaptasi sekolah, guru, siswa, dan lembaga mitra sekolah yaitu industri. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap komponen dan indikator penting dalam proses pembelajaran kolaboratif daring sebagai bagian dari program keselarasan vokasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif. Model penelitian menggunakan model interaktif Miles & Huberman.
Penelitian dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan partisipan adalah guru produktif, alumni, dan instruktur dari industri. Analisis data dilakukan dengan bantuan software Atlas.ti versi 9. Validitas data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian adalah terdapat komponen utama yang harus ada dalam pembelajaran online kolaboratif yaitu lingkungan belajar pedagogik, instruksi, alat digital, metode penerapan, dan pengembangan berpikir kritis. Rekomendasi penelitian ini diberikan kepada seluruh guru yang mengajar di SMK dan seluruh instruktur sebagai sekolah mitra untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seiring berkembangnya teknologi. Sehingga mereka dapat memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran melalui kerjasama pembelajaran daring.
Lihat artikel lengkap di https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/53082
Sebagai tambahan informasi, bahwa artikel ini merupakan luaran dari Penelitian Tesis Magister (PTM) hibah dari Kemendikbudristek tahun 2022. Isnaini Sholihan Abdurrahman merupakan salah satu dari beberapa mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD (S2 MP UAD) yang meraih hibah PTM tahun 2022