Siapakah The Great Teacher itu?
Artikel Ilmiah Dosen Magister Manajemen Pendidikan (S2 MP UAD) kembali tembus Scopus Q2. Artikel dengan judul “The Great Teacher: The Indonesian Adolescent Student Voice” terbit dalam jurnal Frontiers in Education edisi Januari 2022.
The Great Teacher: Merupakan kritik sekaligus rekomendasi terhadap konsensus tentang konsep profesionalisme guru di Indonesia yang cenderung external oriented (terutama pemerintah) dan melupakan user oriented (siswa). Konsensus seperti ini berbahaya karena mendangkalkan makna profesionalisme itu sendiri.” terang Dr. Suyatno, M.Pd.I. sebagai penulis pertama artikel
Guru profesional diketahui banyak ditentukan oleh pihak eksternal, terutama pemerintah. Hal ini mengindikasikan profesionalisme dianggap sebagai indikator yang penting dan perlunya kinerja yang baik di bidang pendidikan. Dan nyatanya memang penting kan? Sejak dulu memang sebenarnya hubungan guru-siswa dan sebaliknya menjadi core penting dalam proses pendidikan, disamping faktor lain juga penting. Nah menariknya, ada sisi yg sering dilupakan, yaitu sudut pandang siswa menilai dan menganggap bagaimana Profesionalisme dari sudut pandang mereka”kata Zalik Nuyana sebagai salah satu penulis artikel
Dijelaskan oleh Andi Prastowo penulis lainnya dari UIN Sunan Kalijaga, ternyata sosok guru hebat dalam perspektif siswa itu BERBEDA dengan pandangan para pengambil kebijakan pendidikan di negeri ini.
Penelitian ini ditulis berkolaborasi universitas dalam dan luar negeri dengan penulis adalah Suyatno (S2 MP UAD), Wantini (S2 MPAI UAD), Andi Prastowo (UIN Sunan Kalijaga), Zalik Nuryana (Nanjing Normal University China), Dzihal Khilmi Ayu Firdausi (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung) dan Abdunrorma Samaalee (Fatoni University, Thailand)
Penelitian ini menggunakan students perspective dalam mengembangkan konsep guru profesional. Seperti apakah sosok the great teacher menurut para siswa? Dan apa dampaknya terhadap konsensus profesionalisme guru di Indonesia?
Unduh dan baca artikelnya disini: https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/feduc.2021.764179/full