Tantangan Guru dalam transformasi Pembelajaran Digital
Salah satu tanda dari perkembangan teknologi adalah transformasi digital. Perubahan ini dipercepat karena dampak covid-19. Semua bidang termasuk dalam pendidikan mengubah pola dari tatanan konvensional menjadi digital. Begitu juga dengan proses pembelajaran. “Culture Shock” ketika tiba-tiba guru harus dihadapkan dengan situasi yang mengubah strategi pembelajaran dengan berbasis digital
Proses tersebut tentunya membutuhkan semangat untuk dapat menghadapi proses pembelajaran dengan berbantuan teknologi. Seperti yang disampaikan oleh Dra. Rahayu Setyaningsih, M.Pd. – Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, bahwa “Pentingnya menumbuhkan motivasi pada masing-masing guru untuk mampu optimal dan maksimal memberikan pembelajaran baik selama pandemi covid-19 maupun setelah pandemi dengan menggunakan digital. Proses ini yang akan dapat mewujudkan pendidikan lebih maju jika kita semua terutama guru-guru mampu mengimplementasikan pembelajaran berbasis digtial”.
Transformasi pembelajaran digital tentunya memiliki persiapan yang panjang dan membutuhkan keterampilan yang perlu dimiliki oleh guru. “Menjadi tantangan bagi setiap pendidik baik pendidik masa kini maupun masa depan bahwa setiap kita wajib mampu untuk memahami potensi dan peluang yang kita miliki sebagai pendidik, terutama celah untuk dapat mengembangkan diri melalui peningkatan keterampilan dalam manajemen pembelajaran mulai dari proses persiapan perangkat pembelajaran, proses metode dan model yang digunakan dalam penyampaian materi pembelajaran, hingga evaluasi belajar. Dimana proses tersebut akan dapat dengan mudah disusun dan diimplementasikan apabila kita memiliki keterampilan yang mumpuni terutama saat diintegrasikan dengan menggunakan teknologi terkini. Sehingga pentingnya upgrade kapasitas diri melalui pelatihan-pelatihan online, up-skilling, re-skilling menjadi dasar dan bekal jika ada perubahan yang mendadak terjadi, kita sebagai pendidik mampu untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri”, kata Dr. Fitri Nur Mahmudah, M.Pd. – Pemateri dalam kegiatan Webinar.
Webinar dengan tema “Tantangan Guru dalam Transformasi Pembelajaran Digital” ini diselenggarakan pada Sabtu, 12 Juni 2021 bekerja sama dengan SD Muhammadiyah Prambanan, atas inisiasi Tim Program Pemberdayaan Ummat Magister Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan yang diketuai oleh Prima Luqman Prasetya, S.Pd. dan beranggotakan Shella Antoro Putri, Awaluddin, Sri Listyoningsih, dan Yuni Winarni.
Sasaran webinar semula adalah guru-guru yang ada di kapanewon Berbah dan Prambanan, namun ternyata banyak yang hadir secara online dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Hal ini tentunya menjadi perhatian bersama bahwa “Tantangan Guru dalam Transformasi Pembelajaran Digital” menjadi vital untuk disebarluaskan terutama dalam implementasinya serta outputnya dalam peningkatan mutu pendidikan. Pentingya perhatian pemerintah terutama lima hal yang disampaikan oleh Presiden Jokowi saat Webinar pada program percepatan transformasi digital bahwa “peningkatan infrastruktur di seluruh wilayah yang ada di Indonesia dan pengembangan kualitas SDM menjadi priortias utama”. Dengan hal ini menjadi impian bagi guru-guru terutama di wilayah 3T, bahwa “signal kami disini masih susah, anak-anak tinggal ditengah-tengah laut, dan kami masih harus berusaha untuk tetap memberikan pembelajaran, belum lagi orang tua anak-anak disini yang tidak mampu menggunakan gadget, kami serba salah dan membutuhkan solusi”, kata salah satu peserta webinar dari Pulau Pucung, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.