The role of principal leadership in developing levels of resilience
Artikel ditulis oleh mahasiswa dan dosen Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD (S2 MP UAD) yaitu Handika Yuda Saputra dan Dr. Dian Hidayati, M.M., terbit pada Journal of Education and Learning (EduLearn) Volume 18 Nomor 4 tahun 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat ketahanan sekolah yang belum baik, sehingga kepala sekolah harus meningkatkan ketahanan sekolah dengan kepemimpinannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam menetapkan arahan, mengembangkan sumber daya manusia, dan mendesain ulang organisasi untuk meningkatkan ketahanan sekolah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi, yang membantu memberikan gambaran mendalam dan rinci mengenai kebiasaan sehari-hari sekolah dalam menerapkan ketahanan sekolah.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan melakukan teknik analisis data menggunakan deskripsi, analisis dan interpretasi.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam menjalankan tiga peran kepemimpinan kepala sekolah yaitu menetapkan arahan, mengembangkan manusia, dan mendesain ulang organisasi, melalui kebiasaan sekolah (budaya), sekolah swasta akan mampu menciptakan tingkat ketahanan dalam sekolah. lingkungan sekolah. Bahkan dalam kondisi yang kurang menguntungkan, kepala sekolah dapat bertahan dengan menjalankan peran kepemimpinan dengan menggunakan kebiasaan sekolah yang ada.
baca lengkap artikel ini di https://edulearn.intelektual.org/index.php/EduLearn/article/view/21286/10572