Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mewujudkan Merdeka Belajar
Mahasiswa Magister Manajamen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (S2 MP UAD) melaksanakan Program Pemberdayaan Umat (Prodamat) melalui kegiatan Webinar Nasional dengan tema Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Februari 2024 secara daring melalui virtual zoom meeting.
Kegiatan Prodamat ini dilaksanakan sebagai bentuk pengadian mahasiswa S2 MP UAD untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Kegiatan webinar diikuti oleh 120 peserta yang berlatar belakang kepala sekolah, guru, maupun praktisi pendidikan khususnya yang berasal dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kalimantan Timur serta beberapa daerah lainnya.
Dr. Dian Hidayati, M.M yang merupakan Dosen S2 MP UAD menjadi pemateri dalam kegiatan webinar ini. Pembelajaran diferensiasi dipilih karena tidak semua guru memiliki pemahaman yang sama tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi sehingga diperlukan penguatan kompetensi guru. Dalam kegiatan ini, materi yang disampaikan bahwa karakteristik pembelajaran berdiferensiasi yakni berpusat pada peserta didik, berpusat pada kurikulum, dan diferensiasi materi pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi harus memerhatikan beberapa aspek sebelum dilaksanakan yaitu kesiapan belajar, minat peserta didik, dan profil belajar yang diinginkan siswa. Pembelajaran berdiferensiasi dibantu dengan melaksanakan asesmen diagnostik seperti tes gaya belajar, selain itu juga strategi yang dilaksanakan melalui pembelajaran diferensiasi konten, proses, dan produk.
“Tujuan pembelajaran berdiferensiasi untuk membantu siswa dalam belajar, meningkatkan motivasi dan pencapaian belajar, menjalin hubungan harmonis, meningkatkan kemandirian belajar, dan meningkatkan kepuasan pendidik dalam mengajar,” terang Dr. Dian Hidayati
Kegiatan webinar nasional berlangsung secara interaktif mulai dari acara pembukaan, penyampaian materi oleh narasumber hingga sesi tanya jawab. Dalam kegiatan ini juga pemateri mengajak para peserta untuk ikut melakukan tes gaya belajar. Hal ini dilakukan agar para guru juga bisa mengetahui gaya belajarnya sebelum melakukan tes kepada peserta didiknya masing-masing.
Alfan Thoriq selaku ketua Prodamat menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi langkah strategis untuk menambah khazanah guru terkait pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi. Kegiatan ini juga menjadi bentuk pengabdian untuk terus menebar kebermanfaatan.
“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar. Informasi yang disampaikan pemateri meningkatkan pemahaman guru dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Peserta mengikuti kegiatan hingga selesai dan sangat interaktif.” terang Alfan Thoriq