Artikel ini ditulis oleh Didi Kriswanto bersama Dr. Enung Hasanah, M.Pd. yang terbit dalam Al Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, volume 5 nomor 3 tahun 2021. Al Tanzim masuk kategori jurnal nasional terakreditasi Sinta 2.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif.
Subyek penelitian ini berjumlah tujuh orang yang terdiri dari kepala sekolah dan enam orang guru dengan kriteria berdasarkan masa kerja di SD Muhammadiyah Sagan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Kegiatan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru di SD Muhammadiyah Sagan adalah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator. Faktor pendukung adalah kemauan dan semangat guru, dukungan dari koordinator sekolah, dan sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah anggaran dana yang terbatas dengan kebutuhan sekolah yang banyak, sehingga peningkatan kompetensi guru tidak banyak. Selain itu, bidang keahlian guru yang berbeda membutuhkan bentuk pelatihan lain dan menghabiskan banyak uang.
Lihat artikel lengkap di https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/2988