Membangun Islam yang Berkemajuan

Suwarsono Muhammad dalam Studium Generale PPs UAD (16/9/17)

Islam akhir-akhir ini seperti sedang terpuruk, tetapi yakinlah bahwa suatu saat akan bangkit lagi. Diungkapkan oleh Drs. Suwarsono Muhammad, M.A. (dosen, pengamat, dan mantan penasihat KPK) dalam Orientasi dan Studium Generale Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan (PPs UAD) Tahun Ajaran 2017/2018 (16/9/17). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru PPs UAD dan dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru dengan tema-tema tertentu dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya. Tema yang diangkat kali ini adalah “Strategi Membangun Peradaban Islam yang Berkemajuan”.¬†

Selanjutnya, menurut Suwarsono Muhammad adanya Islamic State of Iraq and Syria (ISIS)  sebagai salah satu kebangkitan umat Islam. Namun dengan kehadirannya(ISIS), Islam malah dituduh menjadi sumber radikal dan terorisme di dunia karena caranya yang mungkin tidak bisa diterima orang secara luas. Selanjutnya peradaban Islam yang sekarang ini kalah dari Cina dan barat akan berbahaya jika tidak bangkit. Diceritakan dahulu peradaban Islam mengalami kejayaannya di Asia dan Eropa, mengapa sekarang terpuruk?

Solusinya menurut Suwarsono adalah perlunya rekonstruksi peradaban Islam. Para cendekiawan Islam perlu bersatu merumuskan kebijakan agar peradaban Islam kembali bersinar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *