Why do Gen Z choose teaching as careers? exploring extrinsic motivations of Gen Z to become teacher in Indonesia
Keputusan untuk menjadi guru sangat dipengaruhi oleh motivasi-motivasi tertentu seperti altruistik, intrinsik, dan ekstrinsik. Meneliti motivasi-motivasi ini yang memengaruhi keputusan individu untuk menjadi guru sangat penting untuk pengembangan profesional yang berkelanjutan. Ini karena tidak ada publikasi sebelumnya yang berfokus pada motivasi ekstrinsik Generasi Z (Gen Z) untuk menekuni profesi guru.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi motivasi Gen Z untuk menjadi guru di sekolah dasar. Analisis kualitatif diadopsi dengan metode diskusi kelompok terfokus yang melibatkan 58 calon guru yang belajar di program pendidikan guru sekolah dasar. Selanjutnya, partisipan dalam analisis berusia 18-22 tahun dan juga termasuk dalam kategori Gen Z.
Data yang diperoleh dari partisipan dianalisis lebih lanjut menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi ekstrinsik yang mendasari keinginan Gen Z untuk menjadi guru berasal dari rasa hormat sosial yang tinggi yang diterima guru dari masyarakat, janji kemakmuran, dan kesempatan kerja yang memadai. Motivasi ekstrinsik juga berasal dari pengalaman masa kecil yang terinspirasi oleh ajaran agama dan orang tua.
Penelitian ini juga menekankan pentingnya memahami motivasi peserta dalam memasuki profesi guru untuk meningkatkan sistem rekrutmen, pemberian motivasi, pengaturan jam kerja dan beban kerja, serta sistem kesejahteraan bagi guru Gen Z.
Artikel ditulis oleh Prof. Dr Suyantno, M.Pd.I., dari Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD berkolaborasi dengan Lilis Patimah (Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta), Wantini Wantini (Universitas Ahmad Dahlan), Ika Maryani(Universitas Ahmad Dahlan), Enung Hasanah (Universitas Ahmad Dahlan), Mhd. Lailan Arqam (Universitas Ahmad Dahlan), M. Fadlillah (Universitas Trunojoyo). Artikel terbit di Journal of Education and Learning (EduLearn) terindeks Scopus Q4.
Baaca lengkap artikel di https://edulearn.intelektual.org/index.php/EduLearn/article/view/22981/11230




