Transformational Leadership in Overcoming Teacher Burnout
Penelitian ini membahas tentang kepemimpinan transformasional dalam mengatasi burnout guru sekolah swasta. Penelitian ini berfokus pada penerapan gaya kepemimpinan transformasional yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengatasi burnout. Burnout guru harus segera diatasi agar tidak memperparah dampak yang ditimbulkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan di sekolah swasta Bumitama dalam mengatasi burnout guru. Penelitian ini dilakukan di sekolah swasta Bumitama yang berada di Kabupaten Kotawaringin Barat.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Sumber data primer diperoleh dari wawancara dengan kepala sekolah dan sumber data sekunder diperoleh dari observasi dan dokumentasi yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah swasta Bumitama melakukan berbagai tindakan seperti memberikan kesempatan kepada guru untuk meningkatkan kompetensinya, bersikap terbuka terhadap ide atau gagasan baru dan menciptakan kesetaraan dalam hubungan kerja. Hal tersebut merupakan bentuk gaya kepemimpinan transformasional dalam mengatasi dan mengurangi tingkat burnout guru.
Artikel terbit di Eduvest – Journal of Universal Studies Volume 5 Nomor 3. 2025. Artikel ditulis oleh mahasiswa Vani Sasmiaji bersama dosen Dr. Sukirman, Mp.Pd., dan Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.I.
Baca lengkap artikel di http://eduvest.greenvest.co.id/index.php/edv/article/view/51018