The Role of School Leadership in Developing Teacher Professionalism
Peran kepemimpinan sekolah sangat penting dalam membina profesionalisme guru, yang secara langsung memengaruhi kualitas pendidikan. Namun, tantangan seperti resistensi guru terhadap perubahan dan motivasi yang terbatas sering kali menghambat upaya ini.
Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik kepemimpinan sekolah yang efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui tinjauan pustaka terhadap empat artikel terindeks Scopus dari tahun 2020-2025. Studi ini mengikuti kerangka kerja PRISMA untuk pemilihan artikel.
Temuan mengungkapkan bahwa kepemimpinan yang efektif dicirikan oleh gaya transformasional, partisipatif, transaksional, dan berorientasi pada hubungan. Di antara gaya-gaya tersebut, kepemimpinan transformasional adalah yang paling dominan, karena sejalan dengan visi kepala sekolah untuk memotivasi dan memberdayakan guru. Strategi seperti memberikan pelatihan berkelanjutan, melibatkan guru dalam pengambilan keputusan, menawarkan penghargaan berbasis kinerja, dan menumbuhkan komitmen emosional sering diterapkan.
Studi ini menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan adaptif dan kolaboratif memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan dan meningkatkan profesionalisme guru, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Artikel ditulis oleh Eva Zulvi Wityastuti bersama Dr. Dian Hidayati, M.M., dan Prof. Dr. Siti Partini Suardiman yang terbit di Jurnal Visipena, Volume 16 Nomor 1 tahun 2025 teakreditasi Sinta 3.
Baca lengkap artikel di https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/3165