The Effect Of Teacher Well-Being, Teacher Competency, And Teacher Commitment To Improving School Quality
Mutu sekolah tidak terlepas dari peran guru yang didukung oleh kesejahteraan, kompetensi, dan komitmen guru. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode ex-post-facto dengan populasi 456 guru dan 112 sampel penelitian. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgment dan diuji menggunakan Rasch Model.
Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan menggunakan google form, dan pengujian analisis data terdiri dari (1) analisis data instrumen menggunakan Rasch Model dengan menguji reliabilitas person, reliabilitas butir, dan uji bias instrumen; (2) analisis hasil data melalui uji prasyarat dan uji hipotesis, menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kesejahteraan guru, kompetensi guru, komitmen guru, dan mutu sekolah sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kesejahteraan guru terhadap mutu sekolah sebesar 0,009 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru terhadap mutu sekolah sebesar 0,014 < 0,05. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan komitmen guru terhadap mutu sekolah sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi dan kesejahteraan guru memiliki pengaruh paling besar terhadap mutu sekolah dibandingkan dengan komitmen guru. Kedua, 42,4% mutu sekolah dipengaruhi oleh kesejahteraan, kompetensi, dan komitmen guru. Berdasarkan temuan tersebut, diperlukan peningkatan komitmen guru melalui program-program strategis yang diharapkan dapat meningkatkan mutu sekolah.
Artikel ditulis oleh Dr. Dian Hidayati (dosen Magister Manajemen Pendidikan) berkolaborasi dengan Arief Kurniawan, M.Pd. (dosen Pendidikan Vokasional Otomotif), dan Ibnu Asakir (mahasiswa S2 MP UAD). Artikel ini terbit pada Jurnal Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Volume 7 Nomor 1 tahun 2022.
Lihat artikel lengkap di http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/5595