The Contribution of Entrepreneurial Competency and Principal’s Leadership on the Learning School and Its Implication on Teachers’ Innovative Performance
Artikel ini ditulis oleh Dwi Ariyani bersama Dr. Suyatno, M.Pd.I. yang terbit dalam Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI), volume 10 nomor 3 tahun 2021. JPI masuk kategori jurnal nasional terakreditasi Sinta 2.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi kewirausahaan dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap pembelajaran sekolah serta implikasinya terhadap kinerja inovatif guru. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross-sectional dengan 90 guru sebagai sampel.
Dari hasil analisis disimpulkan beberapa temuan. Pertama, Kompetensi Kewirausahaan mencapai skor beta 0,107, menunjukkan tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelajaran sekolah. Kedua, kompetensi manajerial berpengaruh positif terhadap pembelajaran sekolah yaitu sebesar 0,644. Ketiga, kompetensi kewirausahaan mencapai skor beta 0,022 yang menunjukkan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja inovatif guru. Keempat, demikian pula kompetensi manajerial dengan skor 0,005 menunjukkan tidak berpengaruh terhadap kinerja inovatif guru. Kelima, pembelajaran sekolah berpengaruh negatif terhadap kinerja inovatif guru dengan skor -0,355 menunjukkan pengaruh yang signifikan. Keenam, kompetensi kewirausahaan melalui pembelajaran sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja inovatif guru dengan skor 0,059. Dan ketujuh, kompetensi manajerial melalui pembelajaran sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja inovatif guru, dengan skor 0,233.
Penelitian ini menyiratkan adanya pengaruh relatif kompetensi kewirausahaan dan manajerial kepala sekolah terhadap pengembangan lingkungan belajar dan kinerja inovatif guru di sekolah.
Lihat Artikel lengkap di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/29879