Tesis Mahasiswa S2 MP UAD diuji oleh Dosen UIN Sunan Kalijaga
Indra Juharni mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan UAD (S2 MP UAD) berhasil mempertahankan tesis dengan judul Pengaruh Kepemipinan Guru, Student Self Regulating Learning dan Budaya Sekolah Terhadap Mutu Lulusan SD di Kecamatan Bantul dihadapan dewan penguji yaitu Dr. Zainal Arifin, M.Si., (UIN Sunan Kalijaga), Dr. Widodo, M.Si, (UAD) dan Dr. Suyatno, M.Pd.I. (UAD). Ujian dilaksanakan secara luring bertempat di Ruang ujian tesis UAD kampus 2 (25/8/2022)
Ujian tesis ini merupakan salah satu dari beberapa ujian tesis yang menghadirkan dosen luar UAD sebagai penguji tesis. Hal ini tentunya menghadirkan pengalaman berharga bagi mahasiswa yang diuji. Meskipun pada beberapa kesempatan kehadiran dosen luar/praktisi dalam perkuliahan dirasakan oleh mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman baru, dalam perkuliahan tetapi dengan adanya dosen luar sebagai penguji ini menambah pengalaman lebih kepada mahasiswa yang diuji. Terlebih lagi tidak semua mahasiswa mendapat kesempatan untuk diuji oleh dosen luar UAD. Disampaikan oleh kaprodi S2 MP UAD Dr. Suyatno, hal ini juga untuk membuktikan bahwa lulusan dari S2 MP UAD teruji dan berkualitas.
Hal yang menjadi dasar Indra Juharni melakukan peneltian ini adalah mutu pendidikan suatu sekolah tercermin oleh mutu lulusannya. Berbagai hasil kajian diperoleh fakta bahwa mutu pendidikan SD di Kecamatan Bantul belum merata. Kondisi ini diperparah oleh adanya pandemi covid 19. Beberapa variabel yang diduga mempengaruhi mutu lulusan antara lain berasal dari guru yaitu kepemimpinan guru dalam mengajar, berasal dari siswa yaitu student self regulated learning, dan berasal dari sekolah yaitu budaya sekolah. Penelitian ini mengungkap pengaruh kepemimpinan guru, student self regulated learning, dan budaya sekolah terhadap mutu lulusan SD di Kecamatan Bantul.
Dalam penelitiannya, Indra Juharni menggunakan metode kuantitatif dengan mengambil sampel sejumlah 147 guru SD di Kecamatan Bantul. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan data yang telah terkumpul melalui kuesioner, ditabulasi, kemudian diuji prasyarat meliputi uji normalitas, linearitas, multikolonearitas, dan heterokedastisitas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 22.
Dijelaskan oleh Indra Juharni dari penelitian ini didapatkan 1) terdapat pengaruh signifikan secara simultan kepemimpinan guru, student self regulated learning, dan budaya sekolah terhadap mutu lulusan sebesar 76,8 %; 2) terdapat pengaruh signifikan secara parsial kepemimpinan guru terhadap mutu lulusan dengan koefisien regresi sebesar 25,2 %; 3) terdapat pengaruh signifikan secara parsial student self regulated learning terhadap mutu lulusan secara signifikan dengan koefisien regresi sebesar 18,2 %, dan 4) terdapat pengaruh signifikan secara parsial budaya sekolah terhadap mutu lulusan secara signifikan dengan koefisien regresi sebesar 0,851 atau 85,1 %.