Teoritis dan Praktik Pembelajaran Berdiferensiasi
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang memungkinkan guru untuk memenuhi kebutuhan individu setiap siswa di kelas. Dalam prakteknya, guru akan menghadirkan materi dan aktivitas yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan gaya belajar masing-masing siswa.
Dilaksanakan secara daring via zoom dan YouTube(13/1/2024), Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD (S2 MP UAD) menyelenggarakan webinar dengan tema “Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi”. Hadir sebagai narasumber adalah Dr. Dian Hidayati, M.M., yang juga dosen S2 MP UAD.
“Webinar ini adalah bagian dari kegiatan sosialisasi program studi manajemen pendidikan UAD supaya lebih dikenal oleh masyarakat juga sebagai bagian dari program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Bapak Ibu dosen S2 MP,” terang Dr. Enung Hasanah, M.Pd., selaku Kaprodi S2 MP UAD
Dijelaskan oleh Dr. Enung Hasanah, bahwa ini merupakan webinar seri 1 dan beberapa webinar yang akan diselenggarakan paada semester ini (Januari-Februari) dengan tema dan narasumber berbeda dari dosen S2 MP UAD.
Webinar ini dipandu oleh moderator Dr. Achadi Budi Santosa, M.Pd., selaku sekretaris prodi S2 MP UAD. Dalam materinya Dr. Dian Hidayati menyampaikan materi teoritis dan praktik mengenai asesmen pembelajaran berdiferensiasi.
“Salah satu tujuan dari pembelajaran berdiferensiasi adalah meningkatkan motivasi belajar siswa,” kata Dr. Dian Hidayati
Ditambahkan lagi tujuannya adalah membantu belajar siswa, meningkatkan hubungan siswa dan guru, siswa yang mandiri belajar, dan kepuasan guru dalam mengajar. Selain itu juga dijelaskan mengenai strategi dalam pembelajaran berdiferensiasi yaitu ada 3 pertama diferensiasi konten, kedua diferensiasi proses, dan ketiga diferensiasi produk.
Kegiatan webinar ini diikuti oleh 170an peserta daring yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia diantaranya Yogyakarta, Kendal, Wongiri, Balikpanan, Palopo, dan lainnya. Setelah webinar ini akan hadir webinar sejenis dengan tema dan narasumber berbeda.