Strategic Planning in Increasing Quality of Education
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan dasar. Peningkatan mutu pendidikan merupakan suatu keharusan untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjadikan sekolah sebagai forum aktif dalam peningkatan mutu pendidikan adalah perencanaan strategis.
Penelitian ini bertujuan untuk menggali renstra sekolah, menganalisis, dan merencanakan renstra dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN Jetis Bantul. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, anggota musyawarah kerja kepala sekolah, pengawas, guru, dan komite sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengungkit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan strategis dilakukan dengan membuat rencana kerja tahunan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah yang dirumuskan pada awal tahun ajaran, membentuk tim pengembangan sekolah, melaksanakan perencanaan sekolah dengan prosedur pendidikan. , mengembangkan hasil pengembangan dan pembinaan pencapaian tujuan. (2) menerapkan strategi manajemen sekolah untuk mendiagnosis secara sistematis, merencanakan, merancang dan menyusun dokumen, menetapkan kebijakan, memotivasi pendidik dan tenaga kependidikan, mengalokasikan sumber daya manusia, dan mengembangkan budaya strategis yang mendukung. (3) Evaluasi strategi pengelolaan sekolah dilakukan dengan menganalisis kesesuaiannya dengan renstra; hasil evaluasi yang digunakan untuk menilai program, perbaikan, atau warna. Faktor pendukung perencanaan strategis adalah dukungan yang sangat baik dari siswa, guru, pengawas, komite, wali murid dan lingkungan sekolah.
Kendala yang dihadapi dalam renstra sekolah adalah masalah perumusan yang kurang tepat. Pihak sekolah bekerjasama dengan komite sekolah dan wali murid untuk mengatasi faktor penghambat tersebut untuk mengatasi hal tersebut.
Artikel ditulis oleh Pebriana Priyambodo (mahasiswa S2 MP UAD), dan Dr. Enung Hasanah, M.Pd. (dosen S2 MP UAD) terbit di jurnal Nidhomul Haq volume 6 nomor 1 tahun 2021.
Lihar tulisan lengkap di https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/1138