School principals managerial leadership strategies in increasing students’ digital literacy
Artikel berjudul School principals managerial leadership strategies in increasing students’ digital literacy ditulis kolaborasi mahasiswa dan dosen Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD yaitu Muhammad Afif Abdurrohman, Dian Hidayati. Artikel terbit di jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (Fundadikdas) volume 7 Nomor 1 tahun 2024.
Literasi digital adalah keterampilan penting yang memungkinkan siswa untuk memahami, menggunakan, dan berpartisipasi secara efektif di dunia digital. Selain itu, hal ini memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi, memahami, dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menggunakan teknologi secara bijak dan mengevaluasi informasi secara kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepemimpinan manajerial yang digunakan kepala sekolah untuk meningkatkan literasi digital siswa. Secara khusus, artikel ini berfokus pada strategi-strategi tersebut dalam konteks kepemimpinan sekolah. Penelitian mengenai strategi kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan literasi digital siswa memiliki arti penting karena pentingnya peran kepemimpinan dalam mengoptimalkan manajemen sekolah, khususnya dalam memajukan literasi digital siswa. Selain itu, penelitian ini juga menjanjikan kontribusi dalam bidang pendidikan dan menjadi referensi berharga bagi kepala sekolah lainnya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dan analisis dokumen arsip sekolah.
Responden yang diwawancarai antara lain adalah kepala sekolah dan guru SD MBS Prambanan. Analisis data mengikuti pendekatan Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengidentifikasi strategi kepemimpinan manajerial yang digunakan oleh kepala Pondok Pesantren Muhammadiyah Prambanan untuk meningkatkan literasi digital siswa. Strategi tersebut antara lain (1) membina kepemimpinan kolektif kolegial, (2) penyediaan fasilitas terkait teknologi digital, (3) menumbuhkan inovasi pembelajaran, (4) menumbuhkan budaya literasi digital dan bimbingan bagi peserta didik, dan (5) melakukan evaluasi.
Baca lengkap artikel di https://journal2.uad.ac.id/index.php/fundadikdas/article/view/9987