School Culture in Fostering Teachers’ Work Motivation
Budaya sekolah sangat penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung, yang secara langsung mempengaruhi motivasi guru. Motivasi guru, sebagai elemen kunci dalam sistem pendidikan, memiliki dampak yang signifikan terhadap efektivitas pengajaran dan kualitas hasil belajar siswa.
Studi ini menganalisis bagaimana indikator budaya organisasi di sekolah, seperti inovasi, perhatian terhadap detail, orientasi hasil, orientasi individu, dan orientasi tim, memengaruhi motivasi guru. Menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan diskusi kelompok terfokus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya yang mendorong inovasi dan pengambilan risiko yang terukur memiliki dampak positif pada motivasi guru. Budaya yang menekankan perhatian terhadap detail mendorong fokus pada kualitas pengajaran. Selain itu, budaya yang berorientasi pada hasil memotivasi guru dengan menyelaraskan upaya mereka dengan tujuan pencapaian yang jelas.
Studi ini juga mengungkapkan bahwa budaya yang mendukung pengembangan individu dan pertumbuhan profesional secara signifikan meningkatkan motivasi guru. Faktor penting lainnya adalah kepemimpinan yang efektif, yang memainkan peran penting dalam menumbuhkan suasana kerja yang positif dan kolaboratif.
Artikel ditulis oleh Imawati bersama Dr. Ika Maryani, M.Pd., dan Dr. Muhammad Zuhaery, M.A., terbit di Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan (MKSP ) Volume 10 Nomor 2 terakreditasi Sinta 3
Baca lengkap artikel di
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/19207/