PTK untuk Memperbaiki Pembelajaran
“Niat menjadi poin penting dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), baru kemudian hal lain mengikuti” disampaikan Prof Sugiyono dalam Workshop PTK. Dijelaskan lebih lanjut, cara untuk melaksanakan PTK meliputi memahami metode penelitian tindakan, menggunakan panduan penelitian yang sesuai, pengumpulan data, diskusi dengan teman sejawat yang sukses melakukan PTK, mendiagnosa masalah. Ditambahkan juga dalam masa pendemi seperti ini sinyal internet yang stabil dan pengumpulan data secara online juga dapat dilakukan.
Dr Enung Hasanah sebagai pemateri kedua menyampaikan tentang Praktik PTK. Dalam pemaparan materinya dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertema dengan menyampaikan materi dan sesi kedua praktik membuat PTK Praktik yang dilakukan pada masa pandemi. Dijelaskan lebih lanjut bahwa syarat keberhasilan PTK adalah guru harus objektif menilai diri sendiri dan siswa, harus mampu mendiagnosis akar masalah, memiliki target yang jelas, kreatif, dan open minded atau tidak boleh antikritik. Dalam penyampaian materi, Dr. Enung memberikan contoh secara langsung mengenai PTK menggunakan perkuliahan yang dilakukan selama masa pandemi ini. Harapannya peserta dapat dengan mudah menerima materi yang diberikan.
Materi disampaikan dalam “Workshop PTK untuk Memperbaiki Kualitas Pembelajaran” yang diselenggarakan oleh Magister Manajemen Pendidikan (9/1/2021) via Streaming ZOOM dan Youtube. Kegiatan dikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari guru, kepala sekolah, pengawas, dan mahasiswa baik S1 maupun S2. Harapannya dengan adanya workshop ini para pendidik dapat segera action melakukan PTK.