Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Sekolah Menengah Atas
Kepala sekolah merupakan faktor krusial dalam kualitas sekolah dan memegang peranan penting sebagai pemimpin. Seorang kepala sekolah harus memiliki keterampilan manajerial untuk memimpin dan mengelola lembaga pendidikan secara efektif. Latar belakang melakukan penelitian ini adalah kebutuhan untuk meningkatkan kualitas sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kepemimpinan manajerial kepala sekolah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Wawancara, dokumentasi, dan observasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Al-Islam, Muhammadiyah, dan Bahasa Arab (ISMUBA), dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana merupakan partisipan dalam penelitian ini.Dengan menggunakan pedoman triangulasi sumber dan teknis, analisis data kemudian dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa untuk memimpin sekolah secara efektif dalam meningkatkan mutunya, seorang kepala sekolah harus memiliki keterampilan kepemimpinan manajerial: 1) keterampilan konseptual, 2) keterampilan kemanusiaan, dan 3) keterampilan teknis. Kata kunci: Manajerial; Kepemimpinan manajerial; Kepala sekolah; Mutu sekolah; Keterampilan kemanusiaan; Keterampilan konseptual.
Artikel ditulis oleh Muhamad Afif Abdurrohman mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD bersama dosen Dr. Dian Hidayati, M.M., dan Dr. Sukirman, M.Pd. Artikel ini merupakan luaran dari Hibah Penelitian Tesis Magister DRTPM Kemendikbud tahun 2024 yang terbit dalam Jurnal Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Volume. 9, Nomor. 1, 2025.
Baca artikel lengkap di https://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/11278/3347