Interactive Game Development to Improve Children’s Concentration and Cognitive Abilities: A Game-Based Approach to Concentration and Thinking
Kemampuan kognitif pada anak sangat penting bagi perkembangan mereka secara keseluruhan. Dalam jangka panjang, kemampuan ini akan sangat memengaruhi kesuksesan di masa depan. Oleh karena itu, penting untuk merangsang perkembangan kognitif dan konsentrasi melalui permainan tradisional dan berbasis seluler.
Pengembangan aplikasi permainan saat ini tidak hanya berfokus pada hiburan tetapi juga pada aspek pendidikan. Salah satu tantangan dalam mengembangkan permainan seluler cerdas untuk anak-anak adalah banyaknya aplikasi yang ada; namun, tidak semuanya memiliki nilai akademis yang tinggi, terutama dalam hal perkembangan kognitif dan konsentrasi.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi permainan edukatif yang menarik yang dapat meningkatkan konsentrasi dan keterampilan kognitif anak-anak. Penelitian ini menggunakan GDLC (Game Development Life Cycle). Metode ini terdiri dari empat tahap utama: ide/konsep, versi alfa, versi beta, dan versi rilis. Penelitian ini melibatkan 20 pengguna sebagai responden dengan pengujian SEQ dan SUS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan konsentrasi dan berpikir yang valid dapat digunakan sebagai media pendidikan yang dapat meningkatkan konsentrasi dan kognisi anak-anak, dan diterima dengan baik oleh pengguna karena dianggap mudah dan menyenangkan untuk digunakan.
Artikel ditulis oleh dosen kolaborasi Univeristas Ahmad Dahlan (UAD) dan Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) yaitu Bambang Robi’in (UAD), Dian Hidayati (UAD), Sadr Lufti Mufreni (UNISA), Ahmad Fadli Rismanda (UAD) yang terbir di Journal of Information Systems Engineering and Management Volume 10 tahun 2025 terindeks Scopus Q3.
Baca lengkap artikel di https://jisem-journal.com/index.php/journal/article/view/7960/